Note

10 Ide Naikkan Nilai Sewa Rumah Kos Agar Tetap Bisa Cuan

· Views 54

Bisnis rumah kos menjadi ladang memperoleh pendapatan yang cukup menjanjikan. Tak heran jika semakin banyak orang yang tertarik membuatu usaha rumah kos. Strategi melawan kompetitor tidak selalu berakhir baik, apalagi menerapkan perang harga dengan bersaing menjadi yang termurah. Mungkin saja hal itu berhasil meraih konsumen yang banyak. Tetapi penetapan harga yang tanpa perhitungan logis tentu saja bisa berakhir menjadi kerugian yang telak.

Untuk menghindari hal tersebut, alangkah baiknya jika mencoba strategi lain yang lebih berfokus pada perbaikan internal usaha sendiri dan bukan hanya memonitor penawaran harga sewa para pesaing. Berikut beberapa ide yang bisa dicoba.

1. Dekorasi tematik

10 Ide Naikkan Nilai Sewa Rumah Kos Agar Tetap Bisa Cuanilustrasi dekorasi kamar kos (Pexels.com/ Vecislavas Popa)

Banyak cara untuk membuat rumah kos tampil unik. Kamu perlu menentukan tema dan mendekorasi rumah kos sesuai tema. Bisa saja kamu membuat tema yang berbeda-beda untuk tiap kamar, namun alangkah baiknya jika secara keseluruhan ada satu tema besar yang menyatukan semuanya.

Misalnya saja kamu memilih tema Asia, maka kamu bisa mendekor masing-masing kamar dengan tema Jepang, Korea, Thailand dan seterusnya. Mungkin diperlukan modal yang lebih besar dari rumah kos yang biasa. Tetapi dengan sasaran yang tepat, harga sewa kamar kos tematik ini bisa lebih tinggi dibanding dengan rumah kos biasa.

2. Tambah fasilitas wifi premium

10 Ide Naikkan Nilai Sewa Rumah Kos Agar Tetap Bisa Cuanilustrasi mengakses internet (Pexels.com/ Pixabay)

Semakin banyak fasilitas yang kamu tawarkan, tentu semakin menarik dan menaikkan nilai sewa kamar kos milikmu. Kamu perlu memilah-milah fasilitas apa yang paling diminati oleh calon konsumen kamu.

Misalnya saja fasilitas wifi  yang menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang. Pilihlah operator yang mampu memberikan pelayanan prima agar penghuni kos tidak kecewa dan bisa tidak betah.

3. Manfaatkan tehnologi

10 Ide Naikkan Nilai Sewa Rumah Kos Agar Tetap Bisa Cuanilustrasi tehnologi digital (Pexels.com/Pixabay)

Percayalah banyak orang batal menjadi pelanggan akibat urusan yang rumit. Karena itu permudahlah cara orang menjadi penyewa dengan catatan tetap berpegangan pada keamanan dan kenyamanan penghuni lain, seperti adanya identitas yang jelas dan terpercaya. Manfaatkan tehnologi, seperti tak perlu membawa dokumen berupa hard copy tetapi cukup mengunggah file soft copy sebagai bahan cek. Tetapi kamu sebaiknya tetap melakukan verifikasi  dokumen asli untuk identitas diri seperti KTP. 

Kamu juga harus mengikuti cara-cara yang pembayaran yang sudah menjadi tren. Usahakan kamu mempunyai metode pembayaran yang variatif mulai dari tunai sampai digital.

Baca Juga: 6 Modus Penipuan di Dunia Maya

4. Beredar di dunia maya

10 Ide Naikkan Nilai Sewa Rumah Kos Agar Tetap Bisa Cuanilustrasi media sosial (Pexels.com/ Abdul Kayum)

Salah satu cara untuk menaikkan nilai jual adalah dengan menjadi terkenal. Karena itu, manfaatkan media sosial untuk memperkenalkan rumah kos dan edukasi konsumen bahwa rumah kos milikmu adalah jenis yang berbeda yang layak dihargai tinggi.

Rajinlah menampilkan konten-konten seputar anak kos agar banyak orang terutama penghuni kos yang tertarik mengikuti akun usaha rumah kosmu. Jika kamu terlalu sibuk mengelola akun usaha ini, kamu bisa menghire orang yang memang sudah berpengalaman dalam membuat konten di media sosial.

5. Ikuti tren

10 Ide Naikkan Nilai Sewa Rumah Kos Agar Tetap Bisa CuanV

Mengingat masyarakat kita masih sangat besar antusiasmenya dalam mengikuti hal-hal baru yang sedang tren, maka kamu pun tak boleh melewatkan kesempatan ini. Kamu bisa mengikuti tren yang sedang booming dengan rajin mengamati berita dari media sosial yang  kredibel atau sumber lainnya yang terpercaya.

Rumah kos yang tak ketinggalan jaman, tentu mempunyai daya tarik yang besar bagi anak-anak muda kekinian. Konsumen tipe ini tak keberatan membayar harga lebih tinggi asal mendapatkan hal yang berkualitas dan up to date.

6. Buat program customer get customer

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 5 Tipe Sandwich Generation, yang Manakah Kamu?
  • 4 Modus Penipuan Menggunakan Social Engineering, Tetap Waspada!
  • Viral Konsumen vs Operator SPBU di Bintaro, Ini Penjelasan Pertamina
10 Ide Naikkan Nilai Sewa Rumah Kos Agar Tetap Bisa Cuanilustrasi jalinan pertemanan (Pexels.com/ Elevate)

Saat rumah kos kamu berkembang dan semakin banyak kamar tambahan, kamu tentu ingin semua kamar terisi. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan program customer get customer. Berikan diskon sewa selama misal satu atau dua bulan bagi penghuni kos yang berhasil merekomendasikan rumah kos milikmu kepada konsumen sampai menjadi penyewa.

Kamu pun sekaligus memperoleh keuntungan non uang yakni mendapat penyewa yang sudah dikenal oleh penghuni lainnya. Dengan sistem rekomendasi seperti ini, promosi dari mulut ke mulut kan berjalan dengan sendirinya. Review-review positif yang tersebar tentu saja akan meningkatkan citra dan nilai rumah kos milikmu.

7. Sediakan cafe

10 Ide Naikkan Nilai Sewa Rumah Kos Agar Tetap Bisa Cuanilustrasi cafe (Pexels.com/ Laura Stanley)

Banyak orang yang senang nongki di café bersama kawan-kawannya. Ini bisa kamu manfaatkan dengan membuka café di lingkungan rumah kos. Tak harus besar, yang penting bisa memfasilitasi acara ngobrol atau pertemuan-pertemuan penghuni kos dengan kawan-kawannya.

Walaupun terkesan sebagai fasilitas tambahan, sebaiknya kamu tetap mengelolanya dengan serius. Apabila kamu merasa tak punya kemampuan dan pengalaman dalam mengelola café, carilah partner untuk bekerja sama. Ingatlah untuk tetap selektif dalam memilih partner bisnis dan jangan mencampur aduk urusan pertemanan dengan bisnis agar tak membuat penilaianmu bias.

Jika dikelola dengan baik, bukan tak mungkin pendapatan dari café di rumah kos kamu ini menjadi berkembang dan berjalan berdampingan saling mendukung dengan bisnis rumah kos milikmu.

 

8. Buat warung makan

10 Ide Naikkan Nilai Sewa Rumah Kos Agar Tetap Bisa Cuanilustrasi sarapan (Pexels.com/ Natalie)

Jika café lebih banyak dikunjungi sore dan malam hari, maka warung bisa kamu operasikan pagi hari untuk menyediakan sarapan. Kebanyakan penghuni kos tak ingin repot-repot jauh mencari sarapan karena faktor waktu yang terbatas. Manfaatkanlah hal itu dengan menjadi problem solver untuk kebutuhan mereka.

Walaupun saat ini telah banyak jasa pesan antar makanan, warung yang dekat tentu lebih menarik karena hemat ongkos antar dan tak perlu menunggu lama. Perhatikan menu makanan yang disediakan agar sesuai untuk dikonsumsi dengan cepat.

9. Layanan laundry

10 Ide Naikkan Nilai Sewa Rumah Kos Agar Tetap Bisa Cuanilustrasi laundry (Pexels.com/ Rodnae Production)

Rumah kos dengan fasilitas laundry tentu akan lebih menarik karena mengurangi kerepotan penghuni kos dalam menangani pakaian kotor mereka. Sekali lagi kamu bisa berkolaborasi dengan orang yang berpengalaman dalam usaha laundry.

Mengingat pelayanan ini akan menjadi bagian dari usaha rumah kos kamu, maka kamu perlu menyampaikan dengan jelas standar apa yang ingin kamu dapatkan dari pelayanan laundry partner usaha kamu ini. MIsalnnya saja berapa lama toleransi waktu maksimal penyelesaian pekerjaan juga cara pengemasan saat pengantaran.

10. Layanan kebersihan

10 Ide Naikkan Nilai Sewa Rumah Kos Agar Tetap Bisa Cuanilustrasi petugas kebersihan (Pexels.com/ Karolina Grabowska)

Masalah kebersihan adalah hal penting untuk kenyamanan penghuni kos. Tak semua penghuni kos mempunyai waktu dan suka melakukan kegiatan bersih-bersih. Di sini kamu bisa menjadikannya sebagai hal yang membedakan rumah kos kamu. Sediakan layanan kebersihan dengan pilihan paket.

Untuk paket layanan kebersihan secara penuh, petugas kebersihan akan bekerja sampai ke dalam kamar penghuni kos seperti layanan house keeping pada hotel. Dan paket lainnya adalah layanan kebersihan untuk sekitar kamar kos saja. Ini untuk memfasilitasi jenis penghuni kos yang sangat ingin menjaga privasinya dan tak ingin ada orang lain yang menyentuh benda-benda di dalam kamar kosnya.

Demikian 10 strategi yang dapat kamu coba untuk meningkatkan nilai sewa rumah kos milikmu. Kamu perlu melakukan perencanaan dan perhitungan yang cermat sebelum memulainya. Dan jika kamu memerlukan kerja sama dengan pihak lain, selalu periksa kembali reputasi mereka  dan ikatlah kerja sama dengan kontrak resmi.  Selain itu jangan salah sasaran dalam memasarkan rumah kos kamu ini. Kamu harus membidik jenis konsumen yang sesuai, yaitu konsumen yang bersedia menbayar lebih tinggi untuk pelayanan lebih.

Selalu sertakan doa dan niat baik untuk membantu orang lain mengatasi pemenuhan kebutuhan yang sering timbul saat harus tinggal di rumah kos seperti yang telah disebutkan di atas. Pahami juga risiko kegagalan dalam setiap usaha sehingga kamu punya rencana untuk mengatasinya.

Baca Juga: 12 Barang Wajib Dimiliki Anak Kos, Jangan Sampai Kelupaan

Baca Artikel Selengkapnya
10 Ide Naikkan Nilai Sewa Rumah Kos Agar Tetap Bisa Cuan Verified Writer Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.