Note

Apakah ORI Bisa Dijual Kembali? Simak 9 Keuntungan Beli Obligasi Negara

· Views 33
Apakah ORI Bisa Dijual Kembali? Simak 9 Keuntungan Beli Obligasi Negara
Apakah ORI Bisa Dijual Kembali? Simak 9 Keuntungan Beli Obligasi Negara. (Foto: MNC Media)

IDXChannel—Apakah ORI bisa dijual kembali? Obligasi Negara Ritel atau ORI dapat diperdagangkan di pasar sekunder antar investor, baik kepada perseorangan ataupun institusi, jika investor membutuhkan pencairan dana. 

Mengutip Kementerian Keuangan (30/1), penjualan kembali ini adalah perbedaan fitur ORI dengan SBR (Saving Bond Ritel), di mana SBR tidak dapat dijual di pasar sekunder, namun memiliki fasilitas early redemption. 

Baca Juga:
Apakah ORI Bisa Dijual Kembali? Simak 9 Keuntungan Beli Obligasi Negara 4 Alasan Mengapa Kita Harus Membuat Skala Prioritas Kebutuhan

ORI merupakan Obligasi Negara yang dijual kepada investor perseorangan atau WNI melalui mitra distribusi di perdana, namun dapat diperdagangkan di pasar sekunder. Dana yang dihimpun dari ORI digunakan untuk pembiayaan negara. 

Ada beragam instrumen investasi berupa surat berharga, ORI adalah jenis surat berharga yang diterbitkan hanya untuk ritel, atau untuk investor perseorangan. Dengan kategori ini, ORI, SBR, Sukik Ritel, dan Sukuk Tabungan berada di tempat yang sama. 

Baca Juga:
Apakah ORI Bisa Dijual Kembali? Simak 9 Keuntungan Beli Obligasi Negara Mau War Obligasi Ritel ORI025? Begini Cara Belinya

ORI merupakan salah satu jenis instrumen investasi dengan risiko rendah, karena pembayaran imbalannya dijamin oleh negara sesuai UU SUN dan UU APBN setiap tahunnya, sehingga ORI tidak memiliki risiko gagal bayar. 

Apalagi keuntungan yang diperoleh investor dengan membeli ORI? Mengutip situs resmi Bank Mandiri, berikut ragam keuntungan investasi ORI bagi investor ritel: 

  • Pembayaran kupon/imbalan dan nilai pokok ORI dijamin oleh undang-undang
  • Bunga imbalan yang ditawarkan lebih tinggi dibanding rata-rata bunga deposito bank BUMN
  • Tingkat bunga tetap sampai jatuh tempo
  • Berpotensi menghasilkan capital gain
  • Tersedia kuotasi harga beli
  • Dapat diperdagangkan di pasar sekunder
  • Dapat dipinjamkan atau dijaminkan ke pihak lain
  • Akses pemesanan dan pembelian mudah, lewat sistem elektronik
  • Memberikan kesempatan bagi masyarakat umum untuk ikut mendukung pembiayaan pembangunan nasional 

Meskipun bisa dijual kembali, investor dianjurkan untuk memasang strategi untuk penjualannya agar tidak terkena capital loss, sebab harga jual ORI di pasar sekunder bisa berfluktuasi. 

Investor disarankan untuk menjual ORI di mitra distribusi tempat ia membeli, menjual ketika permintaan di pasar perdana meningkat, dan menghindari penjualan saat mendekati waktu jatuh tempo. 

Itulah informasi penting tentang apakah ORI bisa dijual kembali yang patut diketahui investor ritel. (NKK)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

bdvre

-THE END-