Note

Bakal Ada Timsus Event Akhir Tahun, Atur Izin Crowd dan Keamanan

· Views 118

Jakarta, IDN Times - Pemerintah akan membentuk tim khusus (timsus) untuk mengawasi penyelenggaraan acara atau event akhir tahun di dalam negeri.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan timsus dibentuk untuk memastikan perizinan, pengaturan kerumunan, dan juga aspek lain dari event perayaan akhir tahun sesuai dengan ketentuan.

"Pada akhir tahun event akan kami fasilitasi dan telah dibentuk tim khusus untuk memastikan baik dari perizinan, crowd people, early warning system, sampai dengan jalur evakuasi ini terkoordinasi dengan baik. Sehingga semua event diharapkan berlangsung tentunya mematuhi protokol kesehatan, keamanan, dan protokol keselamatan," kata Sandi usai menghadiri rapat koordinasi di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (16/12/2022).

Baca Juga: Asyik! Ini Daftar 8 Tol Gratis saat Libur Nataru, Catat ya 

1. Pemerintah ingin event akhir tahun berjalan dengan baik

Bakal Ada Timsus Event Akhir Tahun, Atur Izin Crowd dan KeamananIDN Times/William Utomo

Adapun timsus itu dibentuk agar seluruh event perayaan akhir tahun bisa berjalan dengan baik. Sandi mengatakan, pemerintah menyadari pentingnya penyelenggaraan event, karena turut mendongkrak perekonomian.

"Kedua terkait dengan events, termasuk konser, termasuk kegiatan event budaya, olahraga, akan juga kami fasilitasi berkoordinasi dengan pihak Polri. Prinsipnya karena event ini atas arahan Presiden menggerakan ekonomi," tutur Sandi.

Baca Juga: BUMN Dukung Wisata Domestik, Erick: Turis Lokal Jangan Dinomorduakan

2. Sandi minta wisatawan tetap berkunjung ke destinasi wisata Tanah Air meski ada KUHP

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Apa itu Galbay Pinjol? Kenali Pengertian dan Risikonya
  • 10 Anak Muda Terkaya Dunia di 2022, Ada yang Masih 19 Tahun lho!
  • Cuma Sampai 20 Desember, Segera Cairkan BSU di Kantor Pos!
Bakal Ada Timsus Event Akhir Tahun, Atur Izin Crowd dan KeamananAnak tangga menuju puncak Pulau Padar di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT), 14 Juni 2022. IDN Times/Irwan Idris

Terkait dampak pengesahan Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP) terhadap sektor pariwisata, dia memastikan seluruh wisatawan akan tetap berwisata di destinasi-destinasi Tanah Air.

"Ada banyak pertanyaan mengenai penerapan UU KUHP yang baru, tadi sudah berkoordinasi dengan Pak Kapolri, jangan khawatir untuk berwisata di Indonesia saja yang aman, nyaman, dan menyenangkan," ucap Sandi.

Dia mengatakan, pemerintah sudah meluncurkan program Bangga Berwisata di Indonesia. Sehingga, kegiatan pariwisata akan dijaga dengan aman oleh pemerintah dan juga stakeholder terkait.

"Tadi kami sudah berkoordinasi bahwa kita akan memastikan bahwa liburan anda di Indonesia saja seperti yang sudah kita launching juga bangga berwisata di Indonesia, akan kita pastikan aman, nyaman, dan menyenangkan," ujar Sandi.

Baca Juga: KUHP Bikin Investor Pariwisata Resah, Ini Langkah Menparekraf

3. Australia wanti-wanti warganya yang berkunjung ke Indonesia usai pengesahan KUHP

Bakal Ada Timsus Event Akhir Tahun, Atur Izin Crowd dan Keamananbendera Australia (pixabay.com/RebeccaLintzPhotography)

Sebelumnya, Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia mengeluarkan travel advice bagi warganya yang hendak berkunjung ke Indonesia. Travel advice itu menyoroti aturan baru dalam KUHP, yakni larangan berhubungan seks di luar nikah bagi penduduk lokal maupun wisatawan asing.

Menurut pembaruan yang diunggah di website Smart Traveler, Pemerintah Australia menyebutkan, Parlemen Indonesia telah meloloskan revisi hukum pidana yang mencakup hukuman untuk kohabitasi dan seks di luar nikah.

"Wisatawan berhati-hatilah karena jika tidak kita dapat melihat beberapa situasi yang sangat tidak menguntungkan di mana kita harus memberikan bantuan konsuler kepada orang-orang yang tanpa sadar atau tidak sengaja melakukan hal yang salah," tulis pengumuman tersebut.

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.