Note

PHK 200 Lebih Karyawan, JD.ID Janji Berikan Kompensasi

· Views 30

Jakarta, IDN Times - Startup e-commerce JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap lebih dari 200 karyawannya. PHK tersebut dilakukan terhadap 30 persen dari total karyawan yang ada di JD.ID saat ini.

Head of Corporate Communications & Public Affairs JD.ID, Setya Yudha Indraswara mengatakan bahwa pihaknya siap memberikan kompensasi terhadap para karyawan terdampak PHK.

"JD.ID berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada 200-an (30 persen) karyawan yang terdampak dengan tetap memberikan manfaat asuransi serta memberikan dukungan berupa talent promoting, serta hak-hak lain yang sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku," ucap Setya saat dihubungi IDN Times, Selasa (13/12/2022).

Baca Juga: JD.ID PHK 200 Karyawannya Hari Ini

1. Kompensasi bagi karyawan yang bekerja kurang dari setahun

PHK 200 Lebih Karyawan, JD.ID Janji Berikan Kompensasiilustrasi PHK (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain itu, JD.ID juga turut memberikan kompensasi buat karyawannya yang bekerja kurang dari setahun. Hal tersebut disampaikan melalui akun Instagram jdidworkspace.

"Teman-teman yang terkena impact dari efisiensi ini, menerima minimum 3x gaji bagi mereka yang baru bekerja di JD.ID kurang dari 1 tahun. Di samping itu, asuransi masih tetap digunakan sampai periode premi berakhir.

Baca Juga: Daftar Startup yang Terkena Badai PHK, Terus Bertambah!

2. Alasan PHK yang dilakukan JD.ID

PHK 200 Lebih Karyawan, JD.ID Janji Berikan KompensasiIlustrasi PHK. (IDN Times/Arief Rahmat)

Setya pun menjelaskan alasan efisiensi karyawan yang dilakukan JD.ID adalah untuk membuat bisnis JD.ID tetap berjalan di tengah kondisi saat ini.

"Langkah adaptasi perlu diambil perusahaan untuk menjawab tantangan perubahan bisnis yang sungguh cepat belakangan. Salah satu Langkah yang diambil manajemen adalah melakukan perampingan agar perusahaan dapat terus bergerak menyesuaikan dengan perubahan," ujar Setya.

Baca Juga: 3 Penyebab Badai PHK di Startup, Bukan karena Gaji Terlalu Tinggi

3. Keputusan PHK diambil setelah townhall

PHK 200 Lebih Karyawan, JD.ID Janji Berikan KompensasiIlustrasi PHK. (IDN Times/Arief Rahmat)

Keputusan PHK yang dilakukan JD.ID diumumkan pasca-townhall meeting hari ini. Hal itu diungkapkan oleh akun Twitter ecommurz.

"Layoff terjadi di JD.ID setelah 11 menit townhall hari ini. Seluruh tim diinstruksikan secara tiba-tiba untuk bekerja dari rumah pekan ini. Karyawan yang tidak terkena PHK (diumumkan via email) harus kembali ke kantor pekan depan. Rumor mengatakan sekitar 50-85 persen karyawan terdampak PHK," tulis ecommurz.

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.