Note

Harga Emas Melejit 2 Persen, Analis: Tetap Fokus Pada Inflasi AS

· Views 51

Seputarforex - Harga emas spot melesat 2.2% ke $1,712.20 per ounce pada pukul 15:55 GMT, begitu pun dengan harga emas futures yang menjulang lebih dari 2% ke $1,714.60 di sesi perdagangan Selasa (08/November) malam ini. XAU/USD juga menunjukkan kenaikan 2.40% ke $1,715.70, dengan total reli lebih dari 5 persen sejak akhir pekan lalu.

Harga Emas Melejit 2 Persen, Analis: Tetap Fokus Pada Inflasi AS

Aksi technical buying di pasar saham merupakan faktor pendukung kenaikan harga emas hari ini karena melemahkan Dolar AS dan menekan yield obligasi US Treasury. Namun demikian, fokus utama pasar sebetulnya masih pada data inflasi AS yang akan dirilis besok lusa.

Adapun Indeks Dolar AS sedang merosot setengah persen ke level terendah dua pekan. Para pembeli dengan mata uang selain Dolar AS segera memanfaatkan momen ini untuk memborong emas. Kendati demikian, para pakar memperingatkan untuk tetap memperhatikan rilis data inflasi AS pekan ini. Para ekonom memperkirkan akan ada penurunan Inflasi Inti dari basis bulanan maupun tahunan, masing-masing menjadi 0.5% dan 6.5%.

Di akhir tahun ini, 67% trader memperkirakan bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 50 basis-poin, Sedangkan 33% lainnya memperkirakan kenaikan 75 basis poin. Kenaikan suku bunga umumnya akan mempersulit harga emas untuk bullish.

Selain data Inflasi AS, pasar juga memperhatikan Pemilu Sela yang akan digelar Amerika Serikat pekan ini. Hasil pemilu sela memiliki dampak pada dua tahun terakhir kepresidenan Biden. Kebijakan Biden mulai dari pengeluaran pemerintah hingga dukungan militer untuk Ukraina, akan mendapat evaluasi dari hasil pemilu ini.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.