Note

BUMN Wajib TJSL, Bos IDSurvey Ungkap Manfaatnya ke Bisnis

· Views 28

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN, Erick Thohir mewajibkan seluruh BUMN memiliki Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Direktur Utama PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) (Persero), Rudiyanto membeberkan pentingnya TJSL untuk bisnis atau industri BUMN.

Adapun kewajiban TJSL sendiri dituangkan dalam Peraturan BUMN Nomor PER-6/MBU/09/2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri BUMN dan Nomor PER-05/MBU/04/2021 Tentang Program TJSL Badan Usaha Milik Negara.

PT BKI sebagai Holding BUMN Jasa Survey (IDSurvey) menyadari kepentingan program TJSL untuk kelanjutan industri yang digeluti.

Baca Juga: BUMN 'Keroyokan' Kejar Target Dekarbonisasi, dari IDSurvey hingga PLN

1. TJSL beri dampak langsung dan tidak langsung pada industri di tubuh BUMN

BUMN Wajib TJSL, Bos IDSurvey Ungkap Manfaatnya ke BisnisProgram Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Holding BUMN jasa survei IDSurvey. (dok. IDSurvey)

Rudiyanto mengatakan, jika TJSL dijalankan dengan baik, maka hasilnya juga berdampak pada pertumbuhan perusahaan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Salah-satu tujuan utama Program TJSL adalah memberi manfaat sebesar-besar bagi para pemangku kepentingan perusahaan sehingga mereka bisa bertumbuh dan berkembang yang dampaknya akan terasa baik secara langsung atau tidak langsung pada keberlangsungan industri yang dilakoni PT BKI,” kata Rudiyanto dikutip dari keterangan resmi, Jumat (4/11/2022).

Baca Juga: 5 BUMN Holding Industri Pertahanan Unjuk Gigi di Indo Defence 2022

2. Perlu ada pihak ketiga buat ukur keberhasilan TJSL dari BUMN

BUMN Wajib TJSL, Bos IDSurvey Ungkap Manfaatnya ke BisnisHolding BUMN Jasa Survei (ID SURVEY) resmi dibentuk. (dok. ID SURVEY)

Meski begitu, saat TJSL dilaksanakan, perlu ada pihak ketiga yang terjun mengamatinya. Hal itu diperlukan untuk mengukur keberhasilan TJSL.

“BKI meyakini pengukuran keberhasilan program TJSL dari pihak ketiga menjadi tolok ukur yang amat efektif. Karena itu, kami selalu berusaha untuk ikut berbagai penghargaan bidang TJSL dari beberapa pihak ketiga yang kredibel,” ucap dia.

Baca Juga: Erick Thohir Mau Gabungkan 103 Hotel Milik BUMN ke dalam InJourney

3. Sederet program TJSL BKI, mulai dari sertifikat halal sampai pelatihan UMKM

BUMN Wajib TJSL, Bos IDSurvey Ungkap Manfaatnya ke BisnisProgram Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Holding BUMN jasa survei IDSurvey. (dok. IDSurvey)

Rudiyanto pun membeberkan sederet program TJSL yang dijalankan BKI, mulai dari Program Pelatihan dan Sertifikasi Juru Las, Program Beasiswa Mandiri, Program Bantuan TIK di Banten, Program Bisnis Terapan Vokasi Pondok Pesantren, Program Penanaman Pohon, Program Transplantasi Terumbu Karang, Program Rumput Laut, Program Pelatihan UMK, Program Digital Marketing, Program Pelatihan Standar Produksi Ketahanan Pangan, dan Program Sertifikasi Halal.

Dua dari program di atas mendapatkan penghargaan. Pertama, September lalu PT BKI mendapatkan penghargaan TJSL Awards 2022 untuk kategori Manufacturing Industry Best TJSL 2022 with Outstanding Initiatives of Community Development dari Warta Ekonomi Research and Consulting. Kedua, BUMN Awards 2022 pada Oktober di kategori Brand Images dari The iconomics.com.

Rudiyanto mengingatkan kepada karyawan PT BKI bahwa penghargaan tersebut harus menjadi barometer keberhasilan dan juga untuk meningkatkan kualitas Program TJSL PT BKI.

“Penghargaan tersebut juga sebagai apresiasi kepada para stakeholder yang turut serta membantu menjalankan Program TJSL ini sehingga terealisasikan sesuai dengan rencana anggaran yang disusun,” kata Rudiyanto.

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.