Note

Daftar 5 Bank Terbaik di Korea Selatan

· Views 50

Jakarta, IDN Times - Selain terkenal dengan drama dan K-Pop, Korea Selatan (Korsel) juga ternyata memiliki sejumlah bank terbaik. Bahkan beberapa di antaranya ada di Indonesia.

Hingga saat ini, ada 148 bank yang berlisensi di Negeri Gingseng tersebut. Bank sentral Korsel sendiri adalah Bank of Korea yang bertugas mengeluarkan mata uang Won dan menjaga stabilitas.

Lantas, apa saja bank terbaik di Korsel?

Baca Juga: 4 Perbedaan Bank Asing dan Bank Nasional, Wajib Tahu!

1. KB Kookmin Bank

Daftar 5 Bank Terbaik di Korea SelatanSeorang perempuan menggunakan sebuah eskalator untuk turun di tengah pandemi penyakit virus korona (COVID-19) di sebuah pusat perbelanjaan di Seoul, Korea Selatan, Rabu (9/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Hong-Ji)

Dilansir dari Statista, Kamis (27/10/2022), KB Kookmin atau KB Financial Group ini beroperasi lewat segmen bisnis seperti perbankan ritel, korporat, kartu kredit, investasi dan sekuritas hingga asuransi jiwa.

KB Kookmin sendiri ternyata juga membuka cabangnya di Indonesia sejak 2018 melalui PT Bank Bukopin Tbk.

 

2. Shinhan Bank

Daftar 5 Bank Terbaik di Korea Selatanilustrasi Tenaga Kerja Indonesia (IDN Times/Nathan Manaloe)

Shinhan Bank adalah penerus dari Hanseong Bank, bank modern pertama di Korsel. Bank ini juga ada di Indonesia dan menyediakan rekening untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja di Korsel.

Penawaran yang diberikan terkait rekening PMI ini adalah agar para PMI dapat menerima asuransi jaminan kepulangan setelah selesai bekerja di Korsel. Pembukaan rekeningnya pun bisa dilakukan di Indonesia, misal sebelum para PMI berangkat ke Korsel.

Shinhan Bank memiliki lebih dari 700 cabang yang tersebar di seluruh penjuru Korsel. Shinhan Bank juga menawarkan proses pengiriman uang yang mudah dan cepat bagi para PMI.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 10 Aplikasi Investasi Emas Online, Aman dan Mudah Digunakan
  • 14 Fungsi Kemasan Produk dalam Pemasaran, Produsen Wajib Tahu
  • 5 Rekomendasi Jenis Investasi Syariah yang Menguntungkan, Berminat?

Baca Juga: Daftar 7 Bank Terkaya di Dunia, Peringkat 4 Besar Dikuasai China

3. Hana Bank

Hana Bank juga terdengar tak asing. Sebab, kita pun pasti pernah melihat bank ini di sejumlah kota besar di Indonesia. Hana Bank punya 74 kantor cabang di Indonesia.

Hana Bank atau Hana Financial Group merupakan salah satu perusahaan finansial terbesar dan terkemuka di Korsel. Hana Bank bahkan pernah menempati posisi ke-84 Top Global Finance pada 2014 lalu di majalah The Banker berdasarkan total aset dan jaringan global di 24 negara di dunia.

4. Woori Bank

Daftar 5 Bank Terbaik di Korea SelatanWarga memakai masker untuk melindungi diri dari penularan virus corona (COVID-19) di Seoul, Korea Selatan, Rabu (25/3/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Hong-ji

Woori Bank merupakan bank multinasional yang berkantor pusat di Seoul. Woori Bank juga merupakan salah satu bank domestik di negara tersebut.

Hingga 2022, Woori menempati peringkat ke-95 daftar bank dengan jumlah aset terbesar di dunia.

5. Industrial Bank of Korea

Daftar 5 Bank Terbaik di Korea SelatanInstagram.com/sungkyunkwan_univ_official

Industrial Bank of Korea didirikan pada 1961 dan berkantor pusat di Seoul. Bank ini memiliki sekitar 570 cabang dan 47 kantor deposito di Korsel dan 11 kantor di luar negeri.

Bank ini juga sebagian besar sahamnya dimiliki oleh pemerintah Korsel. Industrial Bank of Korea berfokus pada menyalurkan pembiayaan bagi pengusaha kecil dan menengah.

Baca Juga: Daftar 25 Bank Baru yang Kenakan Biaya Transfer Rp2.500 Lewat BI-FAST

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.