Note

EXCL Bakal Ambil Alih Serve Co Milik LINK Seharga Rp1,8 Triliun

· Views 21
EXCL Bakal Ambil Alih Serve Co Milik LINK Seharga Rp1,8 Triliun
EXCL Bakal Ambil Alih Serve Co Milik LINK Seharga Rp1,8 Triliun. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT XL Axiata Tbk (EXCL) akan mengambil alih Serve Co, sebuah entitas bisnis fixed broadband (FBB) dan fixed mobile convergence (FMC) milik PT Link Net Tbk (LINK). 

Nilai transaksi yang harus dibayar EXCL mencapai Rp1,87 triliun. Ini diungkapkan dalam keterbukaan informasi LINK yang memuat Perjanjian Pengalihan Usaha Serve Co, Kamis (23/5/2024).

Baca Juga:
EXCL Bakal Ambil Alih Serve Co Milik LINK Seharga Rp1,8 Triliun EXCL Bakal Ambil Alih Serve Co Milik LINK Seharga Rp1,8 Triliun

EXCL juga dimungkinkan membayar biaya sewa kepada LINK menyusul Perjanjian Sewa Master di mana LINK akan menyewakan jaringan HFC/FTTH selama periode efektif.

Biaya sewa yang mungkin dibayar oleh XL kepada Link Net, dengan biaya sewa tetap per pelanggan adalah sebesar Rp120.000 per Home Connect untuk tingkat penetrasi sampai dengan 25%. Kemudian sebesar Rp80.000 per Home Connect untuk tingkat penetrasi lebih dari 25% selama periode efektif.

“Pembayarannya dilakukan sesuai periode penghitungan pemakaian setiap bulan, yang telah dipertimbangkan Para Pihak dan digunakan sebagai basis dalam menyepakati harga pembelian dalam Perjanjian,” tulis manajemen LINK dalam keterbukaan informasi.

Pengalihan bisnis FBB dan FMC kepada XL Axiata, terang manajemen, akan mengintegrasikan bisnis FBB milik LINK dengan bisnis mobile milik XL. Hal ini dinilai dapat memaksimalkan nilai permintaan layanan.

Selain itu manajemen melihat penetrasi FBB masih rendah di tengah tingginya peluang permintaan pasar terhadap ketersediaan layanan FBB dan FMC di pasar dalam negeri.

“Sejalan dengan hal tersebut, Perseroan memutuskan untuk mentransformasi diri menjadi perusahaan infrastruktur (FiberCo) terkemuka dan fokus pada aktivitas inti pengembangan dan perluasan infrastruktur jaringan Fixed Line,” tegasnya.

Demi memuluskan aksi korporasi ini, LINK berencana untuk mengusulkan transaksi ini dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Independen. Sesuai jadwal, pertemuan dengan pemodal akan berlangsung pada 28 Juni 2024.

(SLF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.