Note

Jelang Libur Waisak, IHSG Hari Ini Diproyeksi Bergerak Fluktuatif

· Views 12
Jelang Libur Waisak, IHSG Hari Ini Diproyeksi Bergerak Fluktuatif
Jelang Libur Waisak, IHSG Hari Ini Diproyeksi Bergerak Fluktuatif (FOTO:MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bergerak fluktuatif di kisaran 7.200 pada perdagangan terakhir di pekan ini (22/5/2024).

Analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan mengatakan, libur panjang akhir pekan kemungkinan menjadi salah satu faktor yang mendasari sikap lebih konservatif dari pelaku pasar pada hari ini. 

“Terlebih, risalah The Fed yang dirilis dini hari nanti berpotensi dominan mempengaruhi pasar di Amerika Serikat dan Eropa untuk beberapa hari ke depan,” kata Valdy dalam keterangan resminya, Rabu (22/5/2024).

Valdy menyampaikan bahwa pasar berharap adanya petunjuk tambahan untuk memperkuat ekspektasi pemangkasan suku bunga acuan di September 2024. Jajak pendapat oleh CME FedWatch Tools menunjukan peluang pemangkasan 25 basis poin (bps) sebesar 49,6% di September 2024 dan 45,8% di November 2024.

Dari Eropa, Inflasi Inggris diperkirakan turun ke 2,1% di April 2024 dari 3,2% di Maret 2024. Jika sesuai ekspektasi, kondisi ini memperkuat tekanan bagi Bank Sentral Eropa untuk mempertimbangkan pemangkasan suku bunga acuan dalam waktu dekat.

Masih terkait suku bunga acuan, lanjut Valdy, Bank Indonesia (BI) diperkirakan menahan suku bunga acuan di 6,25%. Meski dalam kondisi suku bunga tinggi, kredit SPI diyakini masih tumbuh double digit di April 2024.

Valdy merekomendasikan sejumlah saham untuk dicermati hari ini yaitu PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO), PT Essa Industries Tbk (ESSA), PT Ultra Jaya Milk Industry Tbk (ULTJ), PT Matahari Department Store Tbk (LPPF), PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN), PT Mayora Indah Tbk (MYOR), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), dan PT Indosat Tbk (ISAT).


(SAN)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.