Note

Adik Prabowo Bangun Pabrik Timah Rp 400 M di Batam, Bidik Omzet Rp 1,2 T

· Views 16
Adik Prabowo Bangun Pabrik Timah Rp 400 M di Batam, Bidik Omzet Rp 1,2 T
Hashim Djojohadikusumo/Foto: Pradita Utama
Jakarta

Hashim Djojohadikusumo, adik Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membangun pabrik pengolahan timah di Kepulauan Riau. Melalui perusahaan afiliasi Arsari Group dia membangun pabrik timah dengan nilai investasi mencapai Rp 400 miliar.

Hashim merupakan Komisaris Utama Arsari Group. Pabrik timah akan dibangun PT Solder Tin Andalan Indonesia yang berafiliasi dengan Arsari Tambang anak usaha Arsari Group.

Groundbreaking pabrik dilakukan pada Kawasan Industri Tunas Prima, Kota Batam, pada Jumat 10 Mei 2024 kemarin. Hashim mengatakan, pabrik timah ini dibangun sebagai komitmen pihaknya dalam mendukung program hilirisasi pertambangan yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan akan dilanjutkan Prabowo Subianto yang akan menjabat sebagai Presiden pada Oktober mendatang usai memenangkan Pemilu 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Hilirisasi akan memberikan nilai tambah bagi perekonomian kita," ungkap Hashim dikutip dari keterangan resmi Pemprov Kepri, Senin (13/5/2024).

Hashim menyebutkan investasi PT Solder Tin Andalan Indonesia mencapai Rp 400 miliar, dengan rincian Rp 100 miliar untuk pembangunan fisik dan Rp 300 miliar modal kerja. Perusahaannya itu akan mempekerjakan 80 karyawan tetap dan 200 tenaga kontrak.

ADVERTISEMENT

Ia menargetkan omzet Rp 1,2 triliun per tahun dengan kapasitas produksi tin solder powder hingga 200 ton per tahun. Pihaknya bahkan berencana untuk mengembangkan kapasitasnya hingga 16 ribu ton per tahun.

"Perusahaan akan memproduksi 200 ton tin solder powder per tahun, dan akan ditingkatkan hingga 16 ribu ton dengan omset Rp 1,2 triliun per tahun," papar Hashim.

Produk PT Solder Tin Andalan Indonesia berbahan baku timah akan diolah untuk komponen elektronik dan ditujukan untuk ekspor ke Amerika, India, China, Taiwan, dan Eropa.

Di sisi lain, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan hilirisasi merupakan hal penting untuk meningkatkan ekonomi Indonesia. Hilirisasi akan mendorong pembangunan ekosistem industri dalam negeri secara terintegrasi.

"Pemerintah telah mengharuskan adanya hilirisasi bagi sektor pertambangan dan batu bara," ujar Ansar.

Ansar juga mengapresiasi investasi ramah lingkungan dan sesuai konsep green energy tersebut. Dia berharap investasi ini membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi perekonomian Batam dan Kepri.

(hal/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.