Note

Badai PHK Hantam Pabrik di Jabar, 2.650 Orang Jadi Korban!

· Views 9
Badai PHK Hantam Pabrik di Jabar, 2.650 Orang Jadi Korban!
Foto: Ilustrasi PHK (Tim Infografis: Zaki Alfarabi)
Jakarta

Tutupnya pabrik PT Sepatu Bata Tbk (BATA) di Purwakarta, Jawa Barat menjadi sorotan publik. Ketua Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Disnakertrans Jawa Barat Firman Desa mengatakan, sebanyak 233 karyawan terdampak PHK alias pemutusan hubungan kerja.

Firman mengatakan, industri padat karya di Jawa Barat sudah terpukul sejak tahun 2023. Menurutnya sejumlah pabrik terpaksa tutup atau memindahkan usahanya.

"Kalau pabrik-pabrik di sektor yang sama atau padat karya memang dari 2023 sudah banyak yang tutup atau relokasi usaha, salah satunya ada yang di Karawang, mereka relokasi ke Cirebon," katanya dalam Evening Up CNBC Indonesia, dikutip Rabu (8/5/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menyebut kondisi ini tak lepas dari hantaman Pandemi COVID-19 pada 2020 lalu. Akibatnya sejumlah industri mulai melakukan efisiensi hingga mengurangi kegiatan usahanya.

"Jadi memang dampak pandemi juga, hal-hal lain yang banyak sekali industri padat karya ini sudah mulai melakukan efisiensi atau sudah mengurangi kegiatan usahanya," tuturnya.

ADVERTISEMENT

Khusus untuk pabrik sepatu Bata, Firman menyatakan kegiatan operasional sudah berhenti. Saat ini sedang dilakukan proses penyelesaian masalah pesangon bagi para pekerja yang terkena PHK.

Sementara itu, berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), PHK di Jawa Barat untuk periode Januari-Maret 2024 tercatat sebanyak 2.650 pekerja. Rinciannya 306 pekerja di bulan Januari, 654 di bulan Februari, dan 1690 di bulan Maret 2024.

Secara rinci, berikut jumlah PHK di sejumlah provinsi di Indonesia:

  • DKI Jakarta 8.876 pekerja
  • Jawa Tengah 8.648 pekerja
  • Jawa Barat 2.650 pekerja
  • Banten 941 pekerja
  • Riau 666 pekerja
(ily/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.