Note

Rupiah Menguat Lawan Dolar AS Ditopang Sentimen Global dan Domestik

· Views 24
Rupiah Menguat Lawan Dolar AS Ditopang Sentimen Global dan Domestik
Rupiah Menguat Lawan Dolar AS Ditopang Sentimen Global dan Domestik (foto mnc media)

IDXChannel - Nilai tukar Rupiah pada perdagangan hari ini (6/5) ditutup menguat 57 poin ke level Rp16.025 setelah sebelumnya di level Rp16.083 per USD. 

Berdasarkan data Bloomberg, mata uang Garuda sempat dibuka pada level Rp15.985 per USD.

Baca Juga:
Rupiah Menguat Lawan Dolar AS Ditopang Sentimen Global dan Domestik IHSG Sesi I Happy Terungkit Pertumbuhan Ekonomi dan Penguatan Rupiah

Pengamat Pasar Uang, Ibrahim Assuaibi mengatakan, pelemahan dolar AS karena penurunan greenback terjadi karena data nonfarm payrolls April lebih lemah dari perkiraan.

"Data tersebut memperkuat spekulasi bahwa melemahnya pasar tenaga kerja akan memberikan dorongan lebih besar bagi Federal Reserve untuk mulai menurunkan suku bunga," tulis Ibrahim dalam risetnya, Jakarta, Senin (6/5/2024).

Baca Juga:
Rupiah Menguat Lawan Dolar AS Ditopang Sentimen Global dan Domestik Menkeu: Pelemahan Rupiah Terhadap Dolar AS Lebih Baik Dibanding Ringgit dan Baht

Data pada Jumat lalu menunjukkan, pertumbuhan lapangan kerja AS melambat lebih dari perkiraan pada April dan kenaikan upah tahunan turun di bawah 4,0% untuk pertama kalinya dalam hampir tiga tahun. 

Hal itu juga karena tanda-tanda melemahnya pasar tenaga kerja meningkatkan optimisme bahwa bank sentral AS dapat merancang kebijakan yang "lunak" bagi perekonomian negara itu.

Baca Juga:
Rupiah Menguat Lawan Dolar AS Ditopang Sentimen Global dan Domestik Jokowi: Jepang-Inggris Menuju Resesi, Kita Harus Hati-Hati Kelola Setiap Rupiah

Pasar sekarang memperkirakan pemangkasan suku bunga sebesar 45 basis poin tahun ini, dengan penurunan suku bunga pada November sudah diperhitungkan sepenuhnya. 

Halaman : 1 2 3

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.