Note

Siap-Siap, Malam Ini Puncak Hujan Meteor Eta Aquarid

· Views 31
Siap-Siap, Malam Ini Puncak Hujan Meteor Eta Aquarid
Malam ini puncak hujan meteor Eta Aquarid (Ilustrasi/MNC Media)

IDXChannel – Hujan Meteor Eta Aquarid merupakan fenomena yang biasa terjadi pada bulan Mei di setiap tahunnya. Malam ini, Minggu (5/5/2024) hingga Senin (6/5/2024) diprediksi akan menjadi puncak dari fenomena alam tersebut.

Dilansir dari NASA, Minggu (5/5/2024), Meteor Eta Aquarid dikenal karena kecepatannya yang mencapai 148.000 mph 532.800 km/jam ke atmosfer bumi. Umumnya, ada 30 meteor per jam yang dapat dilihat pada saat puncaknya.

Baca Juga:
Siap-Siap, Malam Ini Puncak Hujan Meteor Eta Aquarid Kenali Ciri-Ciri Batu Meteor yang Asli dan Cara Menguji

Dalam unggahan di akun X (Twitter) infoAstronomy, hujan Meteor Eta Aquarid diberi nama sesuai dengan titik kemuculan di langit. Artinya, meteor ini muncul dari arah rasi bintang Akuarius, tepatnya dekat bintang Eta Akuarii.

Dengan kata lain, arah langit terbaik untuk melihat hujan meteor ini dari rasi bintang Akuarius. Sementara rasi bintang Akuarius akan terbit di langit timur mulai pukul 02.00 dini hari. Sehingga itu menjadi waktu terbaik untuk mengamati hujan Meteor Eta Aquarid.

Baca Juga:
Siap-Siap, Malam Ini Puncak Hujan Meteor Eta Aquarid Siap-Siap Saksikan Hujan Meteor Geminid, Catat Tanggal dan Jamnya

Namun, pada dasarnya Meteor Eta Aquarid dapat diamati di mana pun dari Bumi asalkan kondisi lokasi pengamatan gelap gulita tanpa polusi cahaya. Untuk itu, lokasi terbaik untuk mengamatinya seperti di pengunungan, pantai, atau persawahan di desa.

Lantas, apakah hujan Meteor Eta Aquarid dapat dilihat dari Indonesia?

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.