Note

Berkshire Hathaway Milik Warren Buffett Jual 13 Persen Saham Apple

· Views 18
Berkshire Hathaway Milik Warren Buffett Jual 13 Persen Saham Apple
Berkshire Hathaway Milik Warren Buffett Jual 13 Persen Saham Apple. (Foto:

IDXChannel - Berkshire Hathaway memangkas kepemilikannya secara signifikan di Apple (AAPL) pada kuartal I-2024 di tengah saham produsen iPhone tersebut turun tajam.

Mengutip Financial Times, Sabtu (4/5/2024), perusahaan besutan investor kondang Warren Buffett tersebut mengatakan posisinya di Apple bernilai USD135,4 miliar atau setara dengan Rp2.166,40 triliun (asumsi kurs Rp16.000 per USD) pada kuartal I-2024, turun dari USD174,3 miliar (Rp2.788,80 triliun) pada akhir 2023.

Baca Juga:
Berkshire Hathaway Milik Warren Buffett Jual 13 Persen Saham Apple Jumlahnya Dinilai Kecil, Kominfo Beberkan Manfaat Investasi Apple di RI

Hal tersebut menunjukkan, Berkshire telah menjual sekitar 115 juta saham di perusahaan tersebut pada awal 2024, atau menyusut 13 persen dari total kepemilikan saham perusahaan.

Berkshire mulai mengurangi kepemilikannya di Apple pada akhir Desember 2023, menjual sekitar 10 juta saham.

Baca Juga:
Berkshire Hathaway Milik Warren Buffett Jual 13 Persen Saham Apple Google Setor Dana ke Apple Sebesar Rp312 Triliun Demi Masuk ke Browser Safari 

Apple sendiri telah menjadi perusahaan inti untuk bisnis yang berbasis di Omaha tersebut sejak Berkshire pertama kali berinvestasi pada 2016.

Kendati melego kepemilikannya, Buffett telah lama memberikan pujian kepada manajemen Apple. Pada 2022, ia menggambarkan perusahaan tersebut sebagai salah satu dari “empat raksasa” Berkshire, di samping unit asuransinya, perusahaan kereta api BNSF, serta bisnis energi dan utilitasnya, Berkshire Hathaway Energy.

Baca Juga:
Berkshire Hathaway Milik Warren Buffett Jual 13 Persen Saham Apple Apple Inc Buyback Saham Terbesar di AS Senilai Rp1,7 Triliun 

Buffett pada rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) perusahaan terus memuji Apple, mengatakan “sangat mungkin” bahwa Apple akan tetap menjadi portofolio terbesar di Berkshire pada akhir 2024.

Sebelumnya, CEO Apple Tim Cook mengatakan kepada CNBC International Buffett telah memberitahunya tentang penjualan saham pada Jumat lalu. Cook menambahkan, masih merupakan “suatu kehormatan melihat Berkshire sebagai pemegang saham [Apple]”.

Angka-angka tersebut muncul ketika para pemegang saham Berkshire berkumpul di Omaha, Nebraska, AS, dalam gelaran RUPST perusahaan, yang dijuluki sebagai ‘Woodstock kapitalisme’.

Ini adalah pertama kalinya Buffett naik ke panggung sejak mitra bisnis lamanya Charlie Munger meninggal pada November tahun lalu.

Berkshire melaporkan kinerja laba yang solid sepanjang kuartal I-2024, hampir seluruhnya didorong oleh perbaikan dalam bisnis asuransinya serta dorongan dari suku bunga yang lebih tinggi. Laba usaha perusahaan melonjak 39 persen dari tahun sebelumnya (YoY) menjadi USD11,2 miliar. (ADF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.