Note

Jumlah Pelanggan Naik, Indosat Cetak Laba Rp 1,29 T di Kuartal I 2024

· Views 6
Jumlah Pelanggan Naik, Indosat Cetak Laba Rp 1,29 T di Kuartal I 2024
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta

PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (ISAT) mencetak laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 1,29 triliun pada kuartal I-2024. Perolehan itu meningkat 39,4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy).

"Perusahaan membukukan laba bersih sebesar Rp 1,29 triliun atau naik Rp 365,7 miliar, terutama disebabkan oleh
peningkatan pendapatan yang diimbangi oleh peningkatan beban penyelenggaraan jasa, beban penyusutan dan amortisasi, beban karyawan, beban pemasaran dan beban umum, administrasi dan beban operasional lain-lain-bersih," kata President Director & CEO IOH Vikram Sinha dalam paparan kinerja secara virtual, Selasa (30/4/2024).

Pendapatan perusahaan tercatat sebesar Rp 13,83 triliun pada triwulan I-2024, naik 15,8% atau sebesar Rp 1,89 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu. EBITDA bahkan tumbuh lebih cepat dari pendapatan, dengan kenaikan 22,1% (yoy) menjadi Rp 6,5 triliun.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Total pendapatan itu berasal dari layanan Selular, MIDI, dan Telekomunikasi Tetap milik perusahaan yang masing-masing memberikan kontribusi sebesar 84,3%, 14,2% dan 1,5%.

Sejalan dengan peningkatan pendapatan, jumlah beban Indosat juga naik Rp 1,48 triliun menjadi Rp 11,07 triliun pada triwulan I-2024. Kenaikan ini terutama disebabkan oleh kenaikan beban penyelenggaraan jasa, beban penyusutan dan amortisasi, beban karyawan, beban pemasaran, beban umum dan administrasi.

Dari sisi pelanggan, terdapat kenaikan sebesar 2,3 juta menjadi 100,8 juta pelanggan dibandingkan dengan triwulan I-2023. Average Revenue per User (ARPU) untuk pelanggan seluler meningkat pada triwulan I-2024 menjadi Rp 37,5 ribu, naik 13,9% atau Rp 4,6 ribu lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

ADVERTISEMENT

Selain itu, cakupan jaringan perusahaan juga meningkat seiring peningkatan jumlah BTS 4G yang mencapai 184 ribu. Hal ini diklaim mampu menangani peningkatan trafik yang tinggi dan memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya.

"Pencapaian kuartal pertama 2024 ini mencerminkan komitmen Indosat untuk menciptakan nilai berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan, serta memperkuat ekonomi digital Indonesia. Kami terus meningkatkan jaringan kami untuk memastikan konektivitas yang lancar dan memberikan pengalaman yang mengesankan bagi pelanggan di seluruh Indonesia," pungkas Vikram.

(aid/rrd)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.