Note

Kerja Sama RI-Vietnam Diharapkan Bisa Majukan Ekosistem Budidaya Lobster Dalam Negeri

· Views 12

Pasardana.id - Kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Vietnam dinilai akan menghidupkan ekosistem budidaya lobster di Tanah Air. Bagaimana tidak, selama ini ekosistem yang belum optimal menjadi kendala perkembangan budidaya lobster nasional.

"Karena ekosistem (budidaya lobster) nya belum jalan optimal selama ini. Tapi dengan cara ini (kerja sama) ekosistemnya akan jalan. Contohnya soal pakan, selama ini kan mengandalkan ikan-ikan curah hasil tangkapan, sementara di Vietnam sudah ada industrinya sendiri," beber Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam acara Indonesia Aquaculture Business Forum (IABF) 2024 di Jakarta, dikutip dalam keterangannya, Senin (29/4).

Trenggono mengatakan, melalui kesepakatan kerja sama dua negara, pelaku usaha Vietnam yang ingin memanfaatkan benih bening lobster (BBL) harus melakukan kegiatan budidaya di Indonesia dengan menggandeng pelaku usaha lokal Indonesia. Lewat skema ini, akan terjadi transfer teknologi hingga etos kerja yang sangat penting untuk perkembangan budidaya lobster Tanah Air.

Selain persoalan pakan, Trenggono menambahkan, usaha yang memproduksi keramba budidaya lobster modern juga minim. Ini juga termasuk menjadi tantangan tersendiri di tengah kerja sama yang sudah terjalin dengan Vietnam. 

Diinformasikan Trenggono, kalau sejauh ini terdapat 5 perusahaan Vietnam yang masuk ke Indonesia, namun kegiatan budidaya belum bisa masif lantaran keterbatasan keramba.

Karena itu, kerja sama perikanan bersama Vietnam ini tidak hanya akan menghidupkan sektor hulu budidaya tapi juga industri hilir lobster. Hal ini dikarenakan akan mendorong hadirnya usaha-usaha turunan di bidang tersebut.

"Harapan saya lobster ini menjadi kekuatan kita yang akan datang," tutur Trenggono.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.