Note

Pelaku Usaha Industri Diimbau Untuk Produksi Barang Sesuai SNI

· Views 10

Pasardana.id - Pelaku usaha di sektor industri diimbau untuk selalu memproduksi barang hasil produksinya sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

"Undang-undang Perindustrian tahun 2014 ada pasalnya sendiri, produk manufaktur yang tidak sesuai dengan SNI wajib itu memang tidak boleh beredar. Tindak lanjutnya dimusnahkan," kata Juru Bicara Kementerian Perindustrian, Febri Hendri Antoni Arif di Jakarta, Senin (29/4).

Arif menyampaikan hal tersebut, usai adanya pemusnahan produk baja tulangan beton senilai Rp257 miliar yang dilakukan oleh Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan di Serang, Banten pada Jumat (26/4) lalu.

Menurutnya, pemusnahan yang dilakukan oleh Mendag sudah sepatutnya dilakukan.

Kata dia, pihaknya menyarankan untuk mencari tempat yang bisa memproduksi ulang baja tidak SNI itu agar sesuai dengan standar mutu nasional.

"Kalau kami sarankan cari tempatnya untuk diproduksi kembali dan dengan SNI. Intinya, kami dukung proses kepatuhan sebuah produk, terutama dengan SNI," tegas Arif.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan memusnahkan produk baja tulangan beton yang tidak sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) seberat 27.078 ton atau senilai Rp257.237.836.978 yang diproduksi oleh PT Hwa Hok Steel, di Cikande, Serang, Banten.

Ia mengatakan, pemusnahan sebanyak 3,6 juta batang baja tulang itu, karena produk yang tidak sesuai standar mutu nasional sangat membahayakan konsumen bila sampai dipakai untuk konstruksi.

Awal mula temuan produk yang tidak sesuai SNI itu berdasarkan pengawasan khusus dari Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) pada 6 Maret lalu.

Dari hasil inspeksi, produk yang dihasilkan oleh perusahaan Hwa Hok Steel tak memenuhi standar nasional.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.