Note

Tembaga Jadi Indikator Penting Ekonomi Global

· Views 18
Tembaga Jadi Indikator Penting Ekonomi Global
Tembaga Jadi Indikator Penting Ekonomi Global. (Foto: Reuters)

IDXChannel - Harga tembaga berjangka (futures) di London Metal Exchange (LME) dalam tren menguat di tengah ketatnya pasokan dan permintaan yang diprediksi menguat.

Menurut Bloomberg, harga tembaga naik 0,4 persen menjadi USD10.003 per ton pada Senin (29/4/2024), melanjutkan tren kenaikan selama lima pekan ke belakang.

Baca Juga:
Tembaga Jadi Indikator Penting Ekonomi Global Bos Freeport: Progres Smelter Tembaga Gresik 94 Persen, Beroperasi Juni 2024

Sebelumnya, tembaga membukukan kenaikan 1,02 persen di level USD9965,5 per ton, pada perdagangan Jumat (26/4).

Kinerja tembaga kembali ke level tertinggi dalam hampir dua tahun karena pengetatan pasokan di pasar mendorong performa harga.

Baca Juga:
Tembaga Jadi Indikator Penting Ekonomi Global Indonesia Memiliki Daerah Penghasil Tembaga Terbesar yaitu di Pulau Apa?

Sepanjang 2024, harga tembaga sudah naik 18 persen jika dibandingkan dengan harga per 29 Januari 2024 di level USD8.475 per ton. Harga tembaga kini semakin mendekati level tertinggi sejak Maret 2022. (Lihat grafik di bawah ini.)

Tembaga Jadi Indikator Penting Ekonomi Global

Baca Juga:
Tembaga Jadi Indikator Penting Ekonomi Global Harga Tembaga Tembus USD10 Ribu per Ton di Tengah Kekhawatiran Penurunan Pasokan

Analis di lembaga keuangan terkemuka Citi yakin bullish pasar tembaga kedua sedang berlangsung di abad ini, kira-kira 20 tahun setelah siklus pertama.

Citi memperkirakan harga tembaga akan lebih tinggi dalam beberapa bulan mendatang, rata-rata USD10.000 per ton pada akhir tahun dan naik menjadi USD12.000 pada 2026.

Saking berharganya logam metal ini, perlombaan mengembangkan bisnis tembaga juga tiada henti terjadi.

Baru-baru ini, raksasa tambang BHP mengajukan proposal senilai USD39 miliar atau sekitar Rp633 triliun untuk membeli pesaingnya Anglo American.

Jika berhasil, BHP akan menjadi produsen tembaga terbesar di dunia dengan pangsa pasar sebanyak 10 persen. Meski, tawaran tersebut dikabarkan akhirnya ditolak oleh Anglo American.

Indikator Penting Ekonomi Global

Posisi tembaga teramat penting dalam perekonomian sebagai salah satu economic leading indicator.

Melansir riset CME Group di Reuters, tembaga teramat berharga karena penggunaannya di banyak sektor. Tembaga juga dipandang sebagai indikator utama kesehatan perekonomian.

Berikut lima alasan mengapa tembaga dianggap sebagai indikator utama perekonomian:

  1. Permintaan Industri

Tembaga merupakan komponen kunci dalam berbagai aplikasi industri, seperti konstruksi, elektronik, transportasi, dan manufaktur.

Oleh karena itu, perubahan permintaan tembaga dapat mencerminkan perubahan aktivitas industri dan memberikan wawasan mengenai kesehatan perekonomian.

Misalnya, selama periode ekspansi ekonomi, peningkatan permintaan tembaga mungkin mengindikasikan peningkatan produksi industri dan pertumbuhan ekonomi.

Di sisi lain, penurunan permintaan tembaga mungkin mengindikasikan perlambatan aktivitas industri dan potensi perlambatan ekonomi.

“Bagaimanapun, ia digunakan hampir di mana saja – di rumah dan di pabrik, di bidang elektronik dan pembangkit listrik. Dan dalam beberapa tahun terakhir, peran tembaga dalam meningkatkan produksi kendaraan listrik semakin meningkatkan permintaan logam tersebut,”kata Scott Bauer, penulis laporan tersebut.

Secara khusus, China merupakan pembeli tembaga terbesar dunia dan sedang mengalami pemulihan ekonomi sepanjang tahun ini.

Ini terlihat dari data impor bijih tembaga China sepanjang 2023 mencapai rekor tertinggi sebesar 27,54 juta ton, naik 9,1 persen dari 2022.

Impor tembaga mentah China juga melonjak sebesar 2,6 persen selama Januari-Februari 2024, didorong oleh peningkatan permintaan domestik, mencapai 902.000 metrik ton dibandingkan tahun sebelumnya.

  1. Belanja Konstruksi dan Infrastruktur

Tembaga banyak digunakan dalam proyek konstruksi dan infrastruktur, termasuk kabel listrik, pipa ledeng, serta jaringan komunikasi dan transportasi.

Oleh karena itu, perubahan permintaan tembaga dapat memberikan indikasi belanja konstruksi dan infrastruktur, yang merupakan pendorong penting pertumbuhan ekonomi.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.