Note

Bahlil Blak-blakan Belum Ada Permintaan Investasi Apple di RI!

· Views 17
Bahlil Blak-blakan Belum Ada Permintaan Investasi Apple di RI!
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia/Foto: Ilyas Fadilah/detikcom
Jakarta

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengaku belum menerima permintaan investasi dari pihak Apple. Menurutnya, komitmen sudah disampaikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) tapi tindak lanjutnya masih di kementerian teknis, yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Jujur aja sampai sekarang belum ada komunikasi ke pihak kami. Mungkin komitmennya sudah disampaikan ke pak presiden tapi tindak lanjutnya belum. Biasanya ini di Menkominfo ya, mungkin detailnya di Menkominfo," katanya dalam Konferensi Pers Realisasi Investasi Triwulan I-2024 di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (29/4/2024).

Menurut Bahlil, kantornya belum menerima permohonan investasi atau NIB (Nomor Induk Berusaha) untuk investasi Apple di tanah air. Namun, Bahlil menduga hal ini bagian dari awal proses investasi yang masih ditangani Kominfo.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tapi sampai sekarang belum ada permohonan kepada Kementerian Investasi untuk meminta izin ataupun badan usaha yang mendapatkan NIB untuk investasi ini masuk, sampai sekarang belum ada, tapi feeling saya mungkin proses awalnya di-handle kementerian teknis," sebutnya.

Bahlil mengaku tidak mendampingi CEO Apple Tim Cook saat bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka karena masih di luar Jakarta. Tim Cook sebelumnya bertemu Jokowi pada pertengahan April.

ADVERTISEMENT

"Kebetulan kemarin saya ke luar daerah jadi tidak ikut mendampingi CEO ini," imbuhnya.

Pertemuan itu membahas komitmen Apple untuk berinvestasi di Indonesia. Apple sebelumnya telah membangun empat akademi developer di Indonesia di Batam, Tangerang Selatan, Surabaya, dan juga rencananya di Bali dengan total investasi Rp 1,6 triliun.

(ily/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.