Note

CPO Turun Sepekan di Tengah Lemahnya Prospek Permintaan

· Views 19
CPO Turun Sepekan di Tengah Lemahnya Prospek Permintaan
CPO Turun Sepekan di Tengah Lemahnya Prospek Permintaan. (Foto: Freepik)

IDXChannel.com - Harga minyak sawit alias crude palm oil (CPO) berjangka (futures) Malaysia terus mengalami penurunan. Per Senin (29/4/2024), harga CPO anjlok 1,18 persen di level MYR3.850 per ton.

Sebelumnya, melansir Trading Economics, harga CPO sempat naik berada di kisaran MYR 3.890 per ton, di tengah harga kedelai yang lebih tinggi karena Argentina sebagai produsen utama biji-bijian tersebut memangkas perkiraan panen kedelai pada tahun fiskal 2023/24 karena cuaca kering dan panas. (Lihat grafik di bawah ini.)

Baca Juga:
CPO Turun Sepekan di Tengah Lemahnya Prospek Permintaan Harga Minyak Turun Awal Pekan Imbas Kuatnya Dolar dan Data Ekonomi AS

CPO Turun Sepekan di Tengah Lemahnya Prospek Permintaan

Pasar CPO mencoba untuk pulih dari level terendah dalam dua bulan yang dicapai pada awal minggu lalu, didukung oleh kenaikan harga minyak mentah dan tanda-tanda ekspor yang kuat.

Baca Juga:
CPO Turun Sepekan di Tengah Lemahnya Prospek Permintaan Menu Saham Hari Ini saat IHSG Melemah, BBNI-ADMR Potensi Rebound

Sebelumnya, harga CPO sempat mencapai level new all time high (ATH) sejak 2023 pada level MYR4.579 per ton naik 2,58 persen pada 3 April 2024 karena optimisme permintaan jelang hari raya Idul Fitri, termasuk di Indonesia.

Data surveyor kargo menunjukkan bahwa pengiriman produk minyak sawit Malaysia untuk periode 1-20 April meningkat antara 10,2 persen hingga 14,3 persen dibandingkan periode yang sama di Maret.

Baca Juga:
CPO Turun Sepekan di Tengah Lemahnya Prospek Permintaan Bursa Asia Cerah Awal Pekan, Pasar Tunggu Sinyal The Fed

Angka industri terbaru pada bulan Maret menunjukkan bahwa ekspor minyak sawit melonjak 28,6 persen. Namun untuk minggu ini, kontrak-kontrak tersebut menuju penurunan ketiga berturut-turut, turun sekitar 0,9 persen.

Harga CPO tertahan oleh potensi peningkatan produksi di Q2 karena Komite Penasihat Program Malaysia dilaporkan telah membahas cara-cara untuk meningkatkan bahan tanaman dan manajemen pertanian yang efisien untuk meningkatkan hasil panen.

Sementara itu, terdapat ketidakpastian mengenai permintaan jangka pendek karena berakhirnya pembelian pada hari raya baru-baru ini.

Lembaga Fastmarkets pada Februari lalu sempat memproyeksi Harga CPO menembus level MYR4.000 per ton untuk pertama kalinya sejak akhir Januari 2024.

Namun demikian, harga CPO tidak mampu bertahan pada level tersebut menyusul tekanan yang berasal dari melemahnya minyak pesaing dan melambatnya permintaan ekspor.

Produksi CPO 2024 juga diprediksi lembaga ini lebih rendah secara musiman karena cuaca buruk dalam beberapa bulan terakhir yang mempengaruhi pekerjaan pemanenan.

Terlepas dari itu, harga CPO diperkirakan akan mencapai level tertinggi MYR4.000-4.200 per ton dalam tiga bulan pertama 2024.

Harga CPO juga secara umum diperkirakan akan membaik pada 2024, rata-rata dibandingkan dengan harga tahun sebelumnya sebesar MYR3.796 per ton (setara USD832 per ton), yang sebagian besar didukung oleh perkiraan produksi yang rendah hingga stagnan di tengah kuatnya pemulihan permintaan ekspor.

Faktor-faktor utama yang mempengaruhi harga kelapa sawit pada 2024 di antaranya fundamental penawaran dan permintaan, kebijakan pemerintah, dampak El-Nino, kebijakan campuran biodiesel Indonesia (B30), kekuatan permintaan impor China dan kebijakan Uni Eropa seputar peraturan bebas deforestasi Uni Eropa. (ADF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.