Note

Pasar IPO di 2024 Diprediksi Alami Peningkatan

· Views 21
Pasar IPO di 2024 Diprediksi Alami Peningkatan
Pasar IPO di 2024 Diprediksi Alami Peningkatan (FOTO:MNC Media)

IDXChannel -  Memasuki tahun 2024, pasar IPO sejauh ini telah menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan, dengan aktivitas IPO yang meningkat. 

Meskipun aktivitas pasar secara keseluruhan tertahan pada tahun-tahun sebelumnya, terdapat peningkatan antusiasme baik dari emiten maupun investor yang melakukan IPO.

Baca Juga:
Pasar IPO di 2024 Diprediksi Alami Peningkatan IPO PT Multi Hanna Kreasindo Tbk (MHKI)

"Hal ini menunjukkan adanya pergeseran dinamika pasar dan kondisi yang lebih ramah bagi pencatatan saham publik," kata George Chan, EY Global IPO Leader dalam siaran pers Sabtu (27/4/2024).

Perekonomian global akan tetap berada pada jalur pertumbuhan yang lemah pada tahun 2024, dengan negara-negara maju cenderung mengalami pertumbuhan yang moderat sementara negara-negara berkembang tetap berada pada jalur pertumbuhan yang lebih kuat. Pasar saham telah memperhitungkan ekspektasi penurunan suku bunga di berbagai negara besar.

Baca Juga:
Pasar IPO di 2024 Diprediksi Alami Peningkatan Multi Hanna Kreasindo (MHKI) Resmi IPO

Sama seperti investor dan kandidat IPO yang beradaptasi dengan norma baru berupa suku bunga yang lebih tinggi dan berkurangnya likuiditas, mereka juga perlu melewati lapisan kompleksitas tambahan dalam lanskap geopolitik dan pemilu global di pasar IPO. 

"Karena pemilu tahun ini semakin memperbesar ketidakpastian, para kandidat IPO perlu memantau dengan cermat hasil pemilu dan menilai bagaimana kebijakan tertentu dapat mempengaruhi kepentingan pemangku kepentingan dan mengevaluasi kembali strategi dan waktu IPO jika diperlukan," paparnya.

Baca Juga:
Pasar IPO di 2024 Diprediksi Alami Peningkatan Gelar IPO, Xolare (SOLA) Incar Dana Rp72,18 Miliar

Kandidat IPO dipengaruhi oleh perubahan preferensi investor baru-baru ini terhadap profitabilitas yang terbukti dalam lanskap suku bunga yang berubah, dan melakukan hal ini sambil menghadapi dinamika rumit dari iklim geopolitik yang semakin intensif dan desas-desus seputar AI. 

"Agar berhasil dalam lingkungan yang berubah ini, prospek IPO harus tetap fleksibel dan siap memanfaatkan momen yang tepat untuk debut publiknya," cetus George.

Baca Juga:
Pasar IPO di 2024 Diprediksi Alami Peningkatan Bersiap IPO, Remala Abadi (DATA) Pasang Harga Rp188-Rp208 per Saham

(SAN)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.