Note

Pasar IPO Global Alami Perubahan Imbas Dinamika Makroekonomi dan Geopolitik

· Views 29
Pasar IPO Global Alami Perubahan Imbas Dinamika Makroekonomi dan Geopolitik
Pasar IPO Global Alami Perubahan Imbas Dinamika Makroekonomi dan Geopolitik (FOTO:MNC Media)

IDXChannel - Pasar IPO global telah mengalami perubahan komposisi geografis yang signifikan, didorong oleh dinamika makroekonomi dan geopolitik yang sedang berlangsung.

EY Indonesia Strategy and Transactions Partner Reuben Tirtawidjaja menuturkan, wilayah Amerika terus menunjukkan kinerja yang kuat dalam aktivitas IPO dibandingkan dengan kuartal sebelumnya dan kuartal 1 2023, dengan 52 transaksi dan pendapatan sebesar USD8,4 miliar, masing-masing naik 21% dan 178%, YoY. 

Baca Juga:
Pasar IPO Global Alami Perubahan Imbas Dinamika Makroekonomi dan Geopolitik Bersiap IPO, Remala Abadi (DATA) Pasang Harga Rp188-Rp208 per Saham

"Masing-masing dari tujuh kesepakatan teratas pada kuartal 1 2024 mengumpulkan lebih dari USD500 juta, dibandingkan hanya satu kesepakatan pada kuartal 1 2023. Setelah mengalami penurunan pendapatan dalam 20 tahun terakhir pada 2022, Amerika Serikat akhirnya merasakan progres yang nyata pada kuartal pertama tahun ini," urainya dalam rilis Sabtu (27/4/2024).

Didorong oleh lemahnya sentimen pasar IPO di seluruh kawasan, sambung dia, aktivitas IPO di Asia-Pasifik pada kuartal 1 tercatat ada 119 transaksi dan meraih pendapatan sebesar USD5,8 miliar, masing-masing turun 34% dan 56% YoY. 

Baca Juga:
Pasar IPO Global Alami Perubahan Imbas Dinamika Makroekonomi dan Geopolitik IPO PT Multi Hanna Kreasindo Tbk (MHKI)

Penurunan ini terutama terjadi di China dan Hong Kong, dengan jumlah kesepakatan menurun lebih dari setengahnya dan ukuran kesepakatan menurun hampir dua pertiganya. 

Kedua pasar tersebut telah mengalami penurunan aktivitas IPO yang konsisten selama beberapa tahun terakhir. Sejauh ini hanya terdapat 10 IPO pada tahun 2024 di Hong Kong, dengan dua di antaranya berukuran melebihi USD100 juta, yang merupakan nilai terendah dalam sejarah sejak tahun 2010 dalam hal pendapatan. 

Baca Juga:
Pasar IPO Global Alami Perubahan Imbas Dinamika Makroekonomi dan Geopolitik Multi Hanna Kreasindo (MHKI) Resmi IPO

Adapun Jepang menjadi satu-satunya pasar di Asia-Pasifik yang mengalami sedikit peningkatan jumlah transaksi pada kuartal pertama, dengan Indeks Nikkei mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada bulan Februari.

Di seluruh Asia Tenggara, aktivitas IPO juga tidak terlalu besar, dengan total 38 transaksi menghasilkan dana sebesar USD1,0 miliar, turun dari 51 transaksi yang menghasilkan dana sebesar USD1,4 miliar pada kuartal 1 2023. 

Baca Juga:
Pasar IPO Global Alami Perubahan Imbas Dinamika Makroekonomi dan Geopolitik Gelar IPO, Xolare (SOLA) Incar Dana Rp72,18 Miliar

Bursa di Asia Tenggara yang paling aktif pada kuartal 1 2024 adalah Indonesia (20 IPO mengumpulkan USD224 juta), Malaysia (9 IPO menghasilkan USD279 juta) dan Thailand (6 IPO menghasilkan USD273 juta). 

Selama kuartal tersebut, Filipina, Singapura, dan Sri Lanka masing-masing melakukan 1 IPO di bursa mereka, yang masing-masing menghasilkan dana sebesar USD202 juta, USD20 juta, dan USD2 juta.

Baca Juga:
Pasar IPO Global Alami Perubahan Imbas Dinamika Makroekonomi dan Geopolitik Listing IPO dan Sukuk Ramaikan Perdagangan BEI di Awal April 2024

Chan Yew Kiang, EY Asean and Singapore IPO Leader mengatakan pasar IPO di Asia Tenggara melemah karena tingginya suku bunga dan tekanan inflasi yang terus berdampak pada tingkat kepercayaan investor dan emiten. 

"Lingkungan ekonomi yang penuh tantangan ini telah mendorong perusahaan-perusahaan di kawasan ini untuk mengkalibrasi ulang strategi mereka, dengan memberikan penekanan yang lebih besar pada pencapaian profitabilitas," ungkap dia.

Ketika tekanan inflasi mulai mereda, antisipasi penurunan suku bunga kemungkinan akan menciptakan iklim yang lebih menguntungkan bagi IPO. Kinerja yang kuat dari pasar IPO global akan mendorong perusahaan-perusahaan Asia Tenggara yang selama ini ragu untuk melakukan IPO untuk mengevaluasi kembali posisinya.

Pasar IPO EMEIA mengalami pertumbuhan yang mengesankan di awal tahun, meluncurkan 116 IPO dengan total nilai USD9,5 miliar pada kuartal pertama, masing-masing naik 40% dan 58% YoY. Lonjakan ini disebabkan oleh rata-rata ukuran transaksi IPO yang lebih besar di Eropa dan India, yang memungkinkan EMEIA mempertahankan posisi pertama dalam pangsa pasar IPO global berdasarkan pendapatan sejak kuartal 4 2023.

(SAN)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.