Note

Emiten Kapal Ini Tebar Dividen Rp 196 M

· Views 16
Emiten Kapal Ini Tebar Dividen Rp 196 M
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta

PT Trans Power Marine Tbk (TPM) akan membagikan dividen dari perolehan labanya di 2023. Pembagian dividen itu sudah disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar hari ini.

Melansir keterangan resmi perusahaan, Jumat (26/4/2024) memutuskan membagikan dividen tunai sebesar Rp 75 per lembar saham atau sebesar Rp 196,67 miliar. Angka itu setara 63% dari laba bersih Tahun 2023.

Pembagian dividen ini terdiri dari dua bagian, yakni sebesar Rp 30 per lembar saham yang telah di bagikan sebagai dividen interim pada tanggal 5 Desember 2023, dan sisanya sebesar Rp 45 per lembar saham akan dibagikan sebagai dividen final sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang berlaku.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Perseroan telah mencatatkan pembagian dividen tunai tahunan sejak tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) di tahun 2013, kecuali pada tahun finansial 2014 dan 2015.

Dalam RUPS tersebut TPM juga mendapatkan persetujuan dari para pemegang saham untuk melakukan penambahan modal melalui penerbitan hak memesan efek terlebih dahulu seri I (PHMETD I), dengan jumlah lembar sebanyak banyaknya 1,13 miliar saham baru. Rencana penggalangan dana dari penerbitan saham baru ini akan digunakan untuk ekspansi usaha Perseroan secara non-organik.

ADVERTISEMENT

Perseroan juga melaporkan telah menambah armada baru yang terdiri dari 2 tongkang dan 3 tug boat dengan nilai realiasi capex sekitar US$9 juta untuk tahun 2023. Dengan demikian, pada akhir tahun 2023, Perseroan telah memiliki 41 unit tug boat, 35 unit tongkang, dan 3 floating crane.

Selain itu, PT Trans Logistik Perkasa (TLP), anak usaha perseroan dengan kepemilikan saham oleh Perseroan sebesar 30%, telah melakukan pembelian 79 unit tug boat dan tongkang untuk kebutuhan operasional di akhir bulan Oktober 2023.

Untuk menanggapi peningkatan produksi batubara yang direncanakan pada tahun 2024, TPM berencana akan menerima 6 unit tongkang, 2 unit tug boat, dan 1 unit floating crane yang telah di pesan sebelumnya dengan budget capex senilai US$ 30 juta.

(das/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.