Note

Rupiah Keok Lawan Dolar AS, Sri Mulyani: Ada yang Lebih Parah

· Views 18
Rupiah Keok Lawan Dolar AS, Sri Mulyani: Ada yang Lebih Parah
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta

Nilai tukar rupiah mengalami pelemahan terhadap dolar Amerika Serikat (AS), pelemahan ini juga terjadi di banyak nilai tukar mata uang negara lain. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, rupiah mengalami pelemahan 5,37% year to date (ytd).

"Penurunan dari nilai tukar kita itu terjadi juga di semua nilai tukar dari berbagai negara. Ini karena dolar indeks mengalami penguatan di 4,5 yaitu yang biru artinya lawannya semua mata uang yang lain kemudian mengalami koreksi melemah," kata Sri Mulyani dalam Konferensi Pers APBN Kita, Jakarta, Jumat (26/4/2024).

"Indonesia dalam hal ini nilai tukarnya ytd di 5,37% depresiasinya," ujarnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sri Mulyani nilai tukar mata uang beberapa negara ada yang mengalami pelemahan lebih dalam. Ia menyebut, baht Thailand mengalami pelemahan lebih dalam yakni 8,56%.

Kemudian, won Korea Selatan melemah 6,31%, lira Turki melemah 10,4%, real Brasil melemah 5,06%.

ADVERTISEMENT

"Negara-negara seperti sekitar kita dan di emerging country G20 kira-kira dalam situasi yang mirip. Ada yang lebih parah tentu tergantung dari pondasi dan kondisi ekonomi masing-masing," katanya.

(acd/rrd)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.