Note

The Fed Diprediksi Tahan Suku Bunga, Arus Modal Rp 29,63 T Cabut dari RI

· Views 14
The Fed Diprediksi Tahan Suku Bunga, Arus Modal Rp 29,63 T Cabut dari RI
Foto: Amel/detikcom
Jakarta

Arus modal cukup deras keluar pada April 2024 ini. Hal tersebut terjadi karena Bank Sentral Amerika Serikat (AS) cenderung mempertahankan suku bunga acuannya berdasarkan pernyataan yang telah disampaikan.

Arus modal yang keluar dari pasar saham sebesar Rp 13,08 triliun (mtd). Sementara, arus modal yang keluar dari surat berharga negara (SBN) Rp 16,65 triliun (mtd) total Rp 29,63 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, arus modal keluar ini terjadi karena pernyataan dari Bank Sentral AS yang cenderung mempertahankan suku bunga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dengan capital outflow surat berharga dan untuk April ini surat berharga dan capital market, karena 2 minggu terakhir ini terjadi cukup perubahan, akibat statement dan posisi Federal Reserve yang menggambarkan bahwa mereka cenderung mempertahankan suku bunga," katanya dalam Konferensi Pers APBN Kita, di Jakarta, Jumat (26/4/2024).

Sri Mulyani juga mengatakan, kondisi itu mempengaruhi harga saham, nilai tukar, hingga imbal hasil surat berharga negara.

ADVERTISEMENT

"Ini tentu mempengaruhi mulai dari harga saham, nilai tukar dan surat berharga negara dari sisi yield kita," katanya.

(acd/rrd)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.