Note

Bakal Dibangun Pabrik Biomassa di Blora, Puluhan Ribu Petani Dilibatkan

· Views 7
Bakal Dibangun Pabrik Biomassa di Blora, Puluhan Ribu Petani Dilibatkan
Foto: dok. Maharaksa Biru Energi
Jakarta

Kabupaten Blora dipilih menjadi lokasi untuk pembangunan pabrik biomassa. Pabrik ini akan dibangun oleh salah satu perusahaan energi terbarukan, PT Maharaksa Biru Energi Tbk (OASA).

Daerah Jepon di Kabupaten Blora dipilih karena dianggap memiliki lahan yang luas dengan tanaman kehutanan, perkebunan dan pertanian. Perusahaan pun bekerjasama dengan sejumlah lembaga masyarakat desa dan lembagalembaga pertanian di daerah tersebut.

"Lembaga-lembaga desa dan kelompok pertanian itu akan menjamin pasokan bahan baku, berupa limbah pertanian, kehutanan dan perkebunan untuk keberlangsungan usaha kami. Kami akan beli bahan baku dari mereka," kata Direktur Utama OASA Bobby Gafur Umar dalam keterangannya, Kamis (25/4/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penandatanganan naskah kerjasama antara PT Maharaksa Biru Energi Tbk dengan sejumlah lembaga yang tergabung dalam Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani), dilakukan di Blora, Kamis (25/4), disaksikan Bupati Blora Arief Rohman.

"Ini merupakan langkah awal untuk mengembangkan usaha biomassa yang produktif dan bermanfaat bagi kedua pihak, masyarakat Blora dan OASA., didukung penuh oleh pak Bupati," ujar Bobby.

ADVERTISEMENT

Yang menarik, kerjasama ini akan memastikan bahwa tanaman-tanaman perkebunan, kehutanan dan pertanian di daerah Blora yang dimanfaatkan sebagai bahan baku produksi woodchip yang akan dihasilkan OASA, akan ditanam ulang oleh para petani anggota kelompok-kelompok tersebut.

"Di Kabupaten Blora ini ada 6 Kecamatan. Satu kecamatan kira-kira 1.000 petani. Kalau satu petani ada seorang istri dan dua orang anak, berarti 6.000 kali 4, bisa mencapai 24 ribu orang petani. Jadi, bayangkan, sedikitnya 24.000 orang petani ikut diberdayakan. Inilah esensi ekonomi sirkular, ekonomi kerakyatan, memberdayakan petani," kata Bobby.

Bobby yang juga Ketua 1 METI (Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia) itu mengatakan, pola pengembangan pertanian melalui program inti-plasma dapat diterapkan, dengan melibatkan koperasi dan gabungan usaha-usaha pertanian, untuk mengembangkan berbagai jenis tanaman seperti turi, kaliandra dan lamtorogung. "Kita harus berusaha menumbuhkan ekonomi kerakyatan tanaman energi," kata Bobby.

Konsep tersebut, kata Bobby, telah dan akan diterapkan oleh PT Maharaksa Biru Energi Tbk di sejumlah usaha pengembangan biomassa di beberapa daerah. Di pulau Bangka, di mana OASA juga telah menjalankan pabrik woodchip, penebangan pohon dan tanaman-tanaman untuk keperluan bahan baku telah dilakukan secara konsisten dengan melibatkan kekuatan penuh para petani, diikuti dengan penanaman kembali, sebagai bagian dari penghijauan dan menjaga keberlanjutan usaha.

Pada tahap pertama, kapasitas industri biomassa di Blora ini mencapai 5.000 ton per bulan, dan akan terus dikembangkan hingga 15.000 ton per bulan.

"Kita bidik sampai 60.000 ton per tahun pada tahap pertama ini," kata Bobby, seraya menambahkan akan terus ditingkatkan hingga mencapai 180.000 ton per tahun.

Ia berharap, akhir tahun 2024 pabrik woodchip ini sudah bisa beroperasi. Dijelaskan oleh Bobby, pabrik biomassa yang akan digarap OASA di daerah ini akan menghasilkan woodchip yang nantinya akan dipasok sebagai bahan co-firing untuk PLTU Rembang. Sementara produk bio-CNG rencananya akan diekspor ke Jepang. Pabrik ini nantinya akan mampu menghasilkan 5 MMCFD bio-LNG per hari, dibangun dengan investasi sekitar 100 juta dolar AS.

"Kami dalam proses kerjasama pengembangan dengan lembaga keuangan dari luar negeri. Targetnya, pabrik bio-CNG di Blora ini akan siap beroperasi sekitar akhir tahun 2025," kata Bobby.

(das/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.