Note

United Tractors Tebar Dividen Rp 5,7 T, Cair Bulan Depan

· Views 17
United Tractors Tebar Dividen Rp 5,7 T, Cair Bulan Depan
United Tractors Tebar Dividen Rp 8,7 T/Foto: Retno Ayuningrum/detikcom
Jakarta

PT United Tractors Tbk (UNTR) membagikan dividen tunai kepada pemegang saham sebesar Rp 1.569 per saham atau Rp 5,7 triliun. Kesepakatan ini telah diputuskan pada saat Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar hari ini.

Sebelumnya, UNTR telah membagikan dividen interim Rp 701 per saham pada 24 Oktober 2023. Dengan demikian, total dividen UNTR untuk tahun buku 2023 mencapai Rp 2.270 per saham atau Rp 8,2 triliun.

Sekretaris Perusahaan UNTR, Sara K. Loebis mengatakan pembagian dividen final akan dibayarkan pada pemegang saham pada 22 Mei 2024. "RUPST menyetujui pembagian dividen sebesar Rp 1.569 per saham atau Rp 5,7 triliun," kata Sarah, Jakarta, Rabu (24/4/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Total dividen UNTR tahun ini setara 41% dari laba bersih tahun buku 2023 yang mencapai Rp 20,6 triliun. Sebanyak Rp 12,4 triliun dari sisa laba dibukukan sebagai laba ditahan perseroan.

Di sisi lain, jumlah pembagian dividen tahun ini turun dibandingkan tahun 2022 yang sebesar Rp 6.185 per saham atau total Rp 22,5 triliun.

ADVERTISEMENT

Menanggapi hal tersebut, Direktur UNTR Iwan Hadiantoro mengatakan pembagian dividen selalu mempertimbangkan beberapa hal. Di antaranya, kebutuhan pendanaan perusahaan yang digunakan untuk belanja modal, kemungkinan investasi masa depan, serta tingkat return yang diberikan ke pemegang saham.

Iwan mengakui tahun ini laba yang dicetak oleh perusahaan pertambangan dan alat berat tersebut hanya mendapatkan keuntungan perusahaan atau mencapai level normal. Hal ini disebabkan karena harga batu bara yang melambung tinggi.

"Memang kita ingin mengembalikan income yang cukup tinggi karena harga batu bara sangat tinggi sehingga menyebabkan profit ke level normal lagi," ujar Iwan.

Iwan pun buka-bukaan soal belanja modal perusahaan yang cukup besar pada tahun ini. Dia menyebut target belanja modalnya mencapai US$ 1,3-1,4 miliar.

"Dari situ sekitar US$ 1 miliar digunakan untuk jasa kontraktor penambangan, sekitar US$ 100 juta untuk di bisnis untuk ekspansi infrastruktur, US$ 100 juta untuk dua tambang emas," imbuhnya.

(ara/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.