Note

Volkswagen Janji Bangun Fasilitas Mobil Listrik di Indonesia

· Views 6
Volkswagen Janji Bangun Fasilitas Mobil Listrik di Indonesia
Foto: Ardhi Suryadhi/detikcom
Hannover

Dalam gelaran Hannover Messe 2024, Kementerian Perindustrian turut bertemu bos Volkswagen yang turut menyambangi paviliun Indonesia.

Pada kesempatan itu, perbincangan potensi investasi dan bisnis pun dijajaki. Termasuk soal dorongan dari Kementerian Perindustrian agar Volkswagen membangun fasilitas mobil listrik di Indonesia.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga diajak untuk melihat mobil VW Comby terbaru besutan Volkswagen yang diboyong dalam Hannover Messe 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meski VW Comby punya bentuk ikonik dan sejarah panjang, namun besutan barunya ini terlihat lebih modern dari sisi eksterior dan interior yang dibenamkan teknologi baru.

Agus mengatakan, Volkswagen sejatinya sudah berinvestasi di Indonesia, namun berkolaborasi dengan perusahaan tambang, Vale. Mereka downstreaming dari nikel kemudian proyek kedua mereka akan sampai membangun prekursor dari baterai.

ADVERTISEMENT
Volkswagen Janji Bangun Fasilitas Mobil Listrik di IndonesiaVolkswagen Janji Bangun Fasilitas Mobil Listrik di Indonesia Foto: Ardhi Suryadhi/detikcom

"Nah proyek ketiga, kita sudah dapat komitmen dalam waktu dekat akan memulai membuka fasilitas EV (electric vehicle/kendaraan listrik) di Indonesia," ujar Agus saat ditemui detikFinance di sela Hannover Messe 2024 yang berlangsung 22-26 April di kota Hannover, Jerman.

Memang, rencana tersebut belum bisa dipaparkan secara lebih detail. Namun yang pasti, Kemenperin siap memfasilitasi rencana ini agar bisa tereksekusi dengan lancar. Terlebih di kawasan industri Batang, Jawa Tengah, terdapat kawasan khusus bagi industri yang berasal dari Jerman.

"Jadi nanti tunggu saja kelanjutannya," lanjut Agus.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Maman Abdurrahman yang turut ikut hadir Hannover Messe 2024 mengingatkan, target Rp 20 triliun yang dikejar Indodnesia dari Hannover Messe jangan sebatas MoU di atas kertas, namun juga mesti tereksekusi dengan baik sampai jadi.

Lanjut ke halaman berikutnya

Halaman 1 2
Selanjutnya


Simak Video "Review VW ID. Buzz: Mobil Listrik Paling Nyentrik! "
[Gambas:Video 20detik]

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.