Note

Bursa Asia Diperkirakan Menguat Didorong oleh Saham Perusahaan Teknologi AS

· Views 6
Bursa Asia Diperkirakan Menguat Didorong oleh Saham Perusahaan Teknologi AS
Bursa Asia Diperkirakan Menguat Didorong oleh Saham Perusahaan Teknologi AS. (Foto: MNC media)

IDXChannel – Bursa saham Asia hari ini Rabu (24/4/2024) diperkirakan akan menguat. Penguatan tersebut didorong oleh laba perusahaan-perusahaan teknologi raksasa ini, yang menjadi taruhan besar, dilihat oleh investor Wall Street sebagai ujian penting bagi reli bullish di pasar saham.

Dilansir melalui Bloomberg, kontrak berjangka untuk indeks saham utama di Jepang, Hong Kong, dan Australia bergerak naik. Sementara kontrak berjangka AS juga naik di awal perdagangan. Menjelang penutupan perdagangan AS, saham Tesla Inc melonjak tajam meskipun penjualannya meleset dari perkiraan. 

Tesla merupakan perusahaan pertama dari "Magnificent Seven" (tujuh perusahaan megacap) yang melaporkan kinerja keuangannya. Kenaikan saham Tesla menghentikan penurunan selama tujuh hari berturut-turut, dan diikuti oleh kenaikan saham-saham perusahaan teknologi lainnya.

Sementara itu, pelemahan dalam data aktivitas bisnis turut memperkuat perkiraan penurunan suku bunga AS tahun ini. Ini menjadi sentimen positif bagi saham, namun menekan dolar dan imbal hasil obligasi pemerintah AS (Treasury).

Setelah mencatat beberapa rekor tertinggi tahun ini, saham-saham kehilangan momentum dalam beberapa pekan terakhir karena sinyal bahwa bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) akan mempertahankan suku bunga pada tingkat yang lebih tinggi lebih lama. 

Penurunan tersebut membuat saham menjadi lebih menarik karena mengurangi spekulasi pasar yang berlebihan. Menurut ahli strategi Citigroup Inc, investor kini fokus pada laporan keuangan perusahaan.

"Kami melihat penurunan baru-baru ini sebagai peluang beli," kata Mihir Tirodkar dan Beata Manthey dari Citi. "Posisi bullish telah terkoreksi dan sekarang terlihat lebih netral, terutama di AS. Musim laporan keuangan saat ini dapat mengalihkan perhatian investor kembali ke fundamental perusahaan yang solid."

Indeks S&P 500 membukukan kenaikan dua hari berturut-turut terbaiknya dalam dua bulan. Nvidia Corp, pelopor ledakan kecerdasan buatan, memimpin kenaikan saham produsen chip. Texas Instruments Inc memberikan perkiraan pendapatan yang optimis - sinyal positif untuk industri chip yang dapat membantu mengangkat produsen Asia pada Rabu (24/04/2024).

Obligasi Treasury AS sempat mengalami kenaikan imbal hasil setelah penjualan obligasi pemerintah AS tenor dua tahun senilai USD69 miliar yang solid. Namun, imbal hasil Treasury dengan cepat kembali ke level sebelum lelang, dengan imbal hasil obligasi tenor 10 tahun sedikit berubah.

Mike Wilson dari Morgan Stanley mengatakan ekspektasi terhadap kinerja perusahaan AS, terutama perusahaan teknologi megacap, sangat tinggi. Mereka menghadapi perbandingan yang sulit dengan pertumbuhan yang mereka tunjukkan tahun lalu.

Selain Tesla, Microsoft Corp, Meta Platforms Inc, dan Alphabet Inc juga akan melaporkan laba mereka minggu ini. Laba untuk grup "Magnificent Seven" - yang juga termasuk Apple Inc, Amazon.com Inc, dan Nvidia Corp - diperkirakan naik sekitar 40 persen pada kuartal pertama dibandingkan tahun lalu, menurut data Bloomberg Intelligence.

Grup perusahaan teknologi megacap ini sangat penting bagi S&P 500 karena bobot mereka yang besar dalam indeks acuan tersebut. Setelah kenaikan tahun ini, valuasi mereka menjadi tinggi. Meskipun mengalami penurunan baru-baru ini, menurut data yang dikompilasi oleh Bloomberg, gabungan valuasi "Magnificent Seven" masih diperdagangkan pada sekitar 31 kali perkiraan pendapatan masa depan.

Menurut Seema Shah dari Principal Asset Management, grup tersebut kemungkinan dapat mempertahankan kinerja positifnya.

"Bagaimanapun, karakteristik neraca yang kuat dan posisi pasar kompetitif yang aman dari 'Magnificent Seven' menyiratkan bahwa koreksi yang signifikan tidak mungkin terjadi, meskipun valuasi mereka dibandingkan dengan gelembung teknologi tahun 2000-an," katanya.

(DKH)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.