Note

Bos KSEI Pamer Keunggulan Platform CORES Miliknya, Begini Katanya

· Views 21
Bos KSEI Pamer Keunggulan Platform CORES Miliknya, Begini Katanya
Bos KSEI Pamer Keunggulan Platform CORES Miliknya, Begini Katanya (foto: MNC media)

IDXChannel - Direktur Utama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Samsul Hidayat, mengeklaim bahwa platform Centralized Investor Data Management System (CORES) milik KSEI memiliki sejumlah keunggulan.

Menurut Samsul, CORES.KSEI merupakan layanan penyimpanan data dan dokumen untuk memudahkan penyedia jasa keuangan (PJK) serta investor melakukan pembukaan rekening investasi dan pengkinian (update) data investor.

Baca Juga:
Bos KSEI Pamer Keunggulan Platform CORES Miliknya, Begini Katanya KSEI Jatuhi Sanksi ke Panin Sekuritas (PANS), Ini Penyebabnya

Karena itu, KSEI terus berupaya mengembangkan layanan platform CORES.KSEI untuk mengembangkan infrastruktur dan layanan di pasar modal Indonesia.

"Pengembangan ini mengacu pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 15 Tahun 2023 Tentang Penyelenggaraan Layanan Administrasi Prinsip Mengenali Nasabah atau LAPMN," ujar Samsul, di Jakarta, Selasa (23/4/2024).

Baca Juga:
Bos KSEI Pamer Keunggulan Platform CORES Miliknya, Begini Katanya CORES.KSEI untuk Kemudahan Sentralisasi Data Investor

Dengan menggunakan CORES.KSEI, Samsul menjelaskan, investor yang ingin membuka rekening investasi baru di PJK lain tidak perlu lagi mengulang proses penyampaian data, informasi, dan dokumen yang sebelumnya telah disampaikan pada PJK yang lama.

Dengan demikian, proses pembukaan rekening investasi baru bisa dijalankan secara lebih mudah dan efisien.

Baca Juga:
Bos KSEI Pamer Keunggulan Platform CORES Miliknya, Begini Katanya KSEI Komitmen Terus Jaga Kerahasiaan Data Investor Pasar Modal

"Investor dan PJK yang merupakan pemakai jasa KSEI dapat menggunakan data yang sudah tersimpan di platform CORES.KSEI," tutur Samsul.

Bila kemudian investor ingin melakukan pengkinian data karena adanya data terbaru, dikatakan Samsul, investor hanya perlu menginformasikan dan menyampaikan dokumen kepada salah satu PJK saja.

Selanjutnya, platform CORES.KSEI akan mengirimkan notifikasi pengkinian data tersebut kepada PJK lain tempat investor menjadi nasabah. Din lain pihak, KSEI juga akan memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang tersentralisasi dan terdistribusi melalui CORES.KSEI.

"Semua data yang di-sharing ke PJK lain harus memperoleh persetujuan investor, jadi tidak perlu khawatir karena data dan dokumen milik investor tetap terjaga keamanan dan kerahasiaannya," tutur Samsul.

Samsul menjelaskan bahwa untuk dapat menggunakan data yang telah tersimpan dalam CORES.KSEI pada saat pembukaan rekening investasi di PJK lain, investor cukup menyebutkan nomor Single Investor Identification (SID) dan melakukan persetujuan sharing data yang dapat dilakukan melalui email atau fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas).

Dengan demikian, Samsul berharap kemudahan pembukaan rekening investasi dapat memberikan dampak positif dalam pertumbuhan jumlah investor di pasar modal, didukung dengan platform yang berbasis digital.

"Harapannya, platform CORES.KSEI dapat mendukung akselerasi pendalaman pasar melalui kemudahan proses Customer Due Diligence (CDD) yang dilakukan oleh PJK terhadap calon nasabah, sehingga jumlah investor di pasar modal dapat tumbuh lebih cepat melalui platform yang berbasis elektronik," tegas Samsul.

CORES.KSEI sendiri telah resmi diluncurkan pada 5 Maret 2024 lalu, dengan disaksikan oleh Kepala Departemen Pengawasan Lembaga Efek Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Ona Retnesti Swaminingrum, Dewan Komisaris dan Direksi PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), serta perwakilan asosiasi pasar modal Indonesia. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.