Note

Mulai Bangkit, Rupiah Hari Ini Ditutup Menguat di Rp16.220 per USD

· Views 14
Mulai Bangkit, Rupiah Hari Ini Ditutup Menguat di Rp16.220 per USD
Mulai Bangkit, Rupiah Hari Ini Ditutup Menguat di Rp16.220 per USD. Foto: MNC Media.

IDXChannel - Nilai tukar (kurs) rupiah pada perdagangan hari ini ditutup menguat ke level Rp16.220 per USD. Mata uang Garuda menguat 17 poin atau 0,10 persen dari penutupan perdagangan sebelumnya.

Pengamat pasar uang, Ibrahim Assuaibi, mengatakan dolar AS masih berada di dekat level tertinggi dalam lima bulan karena memudarnya ekspektasi penurunan suku bunga lebih awal oleh The Fed, membuat para pedagang semakin banyak berinvestasi pada greenback.

Baca Juga:
Mulai Bangkit, Rupiah Hari Ini Ditutup Menguat di Rp16.220 per USD Bukan Karena Perang, Bos BCA (BBCA) Ungkap Biang Kerok Rupiah Merana

“Gagasan ini membuat sebagian besar mata uang Asia berada di bawah tekanan,” tulis Ibrahim dalam risetnya, Selasa (23/4/2024).

Selain itu, para menteri luar negeri Uni Eropa pada hari Senin secara prinsip sepakat untuk memperluas sanksi terhadap Iran setelah serangan rudal dan pesawat tak berawak Teheran terhadap Israel.

Baca Juga:
Mulai Bangkit, Rupiah Hari Ini Ditutup Menguat di Rp16.220 per USD Harga Tanah Melonjak Imbas Rupiah Jeblok, Ini Kata Menteri ATR

Investor sedang menunggu rilis angka produk domestik bruto AS dan data pengeluaran konsumsi pribadi pada Maret 2024 untuk menilai arah kebijakan moneter.

Sementara dari sentimen domestik, Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh gugatan sengketa pilpres, menjadi babak akhir setelah MK melakukan persidangan secara marathon selama 14 hari kerja. 

Baca Juga:
Mulai Bangkit, Rupiah Hari Ini Ditutup Menguat di Rp16.220 per USD Bertenaga, Rupiah Menguat ke Bawah Rp16.202 per USD

Hasil yang cukup positif untuk investasi dan dunia usaha. Karena, secara prinsip ada dua hal yang menjadi pertimbangan keputusan stakeholder ekonomi. 

Terutama adalah kepastian. Hal ini terkait dengan resiko. 

“Keputusan MK ini cenderung diterima oleh sebagian masyarakat dan relatif tidak menimbulkan gejolak politik maupun sosial. Stabilitas seperti inilah yang memberikan insentif positif karena tingkat resiko menjadi kecil, sehingga sisi kepastian investasi dan ekonomi menjadi lebih terukur,” jelas Ibrahim.

Untuk perdagangan besok, mata uang rupiah diproyeksi menguat di rentang Rp16.180-Rp16.260 per USD.

(NIA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.