Note

Ini Fokus Bisnis Mandala Finance Setelah Diakuisisi MUFG & Adira

· Views 23
Ini Fokus Bisnis Mandala Finance Setelah Diakuisisi MUFG & Adira
Mandala Finance - Foto: detikcom/Aulia Damayanti
Jakarta

PT Mandala Multifinance Tbk (Mandala) telah diakuisisi oleh MUFG Bank Ltd dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk sebagai pembeli bersama. Keduanya merupakan bagian dari Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc. (MUFG Group) yang membeli saham Mandala Multifinance sebesar 80,6%.

Direktur Keuangan Mandala Finance Christel Lasmana mengatakan akuisisi itu telah selesai sejak 13 Maret 2024. Saat ini antar perusahaan tersebut masih dalam proses pembahasan mengenai arah bisnis ke depan.

"Terkait transaksi ini memang sudah rampung 13 Maret 2024 (akuisisi) dan setelah itu memang masih dalam banyak pembicaraan maupun diskusi dengan pemegang saham baru Adira dan MUFG untuk arah bisnis ke depan kita utarakan pada waktunya," kata dia dalam konferensi pers Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan di Kantor Mandala Multifinance, Selasa (23/4/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Christel mengatakan saat ini pihaknya bersama MUFG dengan Adira tengah menyelaraskan fokus bisnis perusahaan. Meski begitu, Mandala Multifinance sendiri tetap akan fokus pada bisnisnya yakni untuk pembiayaan sepeda motor.

"Untuk sementara memang menjadi fokus penyelarasan bisnis sendiri kita bersama sama Mandala dan juga Adira Multifinance dapat berkumpul bersama menjadi dua multifinance company," jelasnya.

ADVERTISEMENT

Sebagai informasi, MUBK dan Adira telah membeli 80,6% sahamnya di PT Mandala Multifinance Tbk dengan nilai sekitar Rp 7,04 triliun. Dengan transaksi itu, MUBK akan memiliki 70,6% saham Mandala. sementara ADMF akan memiliki 10,0% saham Mandala.

Transaksi ini bertujuan untuk mengakselerasi strategi pertumbuhan Mandala yang telah memiliki pengalaman selama 26 tahun dalam melayani dan memberdayakan pelanggan, serta memperkuat posisi Mandala sebagai salah satu perusahaan pembiayaan terkemuka di Indonesia.

(ada/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.