Note

Apa Itu Pasar Tunai dalam Dunia Investasi?

· Views 3
Apa Itu Pasar Tunai dalam Dunia Investasi?
Apa Itu Pasar Tunai dalam Dunia Investasi? (Foto: Apa Itu Pasar Tunai)

IDXChannel – Apa itu pasar tunai dalam dunia investasi? Pada dasarnya pasar sekunder dibagi menjadi tiga jenis yakni pasar reguler, pasar negoisasi, dan pasar tunai.

Pasar sekunder adalah salah satu jenis pasar modal di mana perusahaan yang menerbitkan saham dalam rangka penawaran umum perdana atau IPO dapat melakukan perdagangan sesuai permintaan dan penawaran.

Baca Juga:
Apa Itu Pasar Tunai dalam Dunia Investasi? Tips MotionTrade: Simak Perbedaan Pasar Reguler, Pasar Negosiasi, dan Pasar Tunai

Apa Itu Pasar Tunai

Lalu, apa itu pasar tunai? Pasar tunai adalah pasar di mana saham, HMETD, waran, dan obligasi diperdagangkan dengan sistem negoisasi dengan pembayaran tunai. Pasar ini berfungsi untuk menyelesaikan kewajiban perusahaan efek atau perusahaan efek yang tidak memenuhi kewajibannya untuk menyelesaikan transaksi pasar biasa dan/atau tidak teratur.

Pasar tunai mirip dengan pasar reguler karena diperdagangkan dalam jumlah banyak. Perbedaan pasar tunai dengan pasar reguler terletak pada sistem pembayarannya. Mekanisme penyelesaian perdagangan pasar tunai menggunakan standar T+0 hanya pada sesi perdagangan bursa pertama, pada hari yang sama saat perdagangan berlangsung.

Baca Juga:
Apa Itu Pasar Tunai dalam Dunia Investasi? Apa Itu Invesment dan Cara Memilihnya Agak Tetap Cuan?

Transaksi pada pasar tunai dilakukan untuk menyelesaikan setiap kegagalan yang terjadi pada anggota bursa, baik dalam memenuhi kewajiban di pasar reguler atau pasar negosiasi sekalipun. 

Itulah pengertian dari apa itu pasar dunia dalam dunia investasi, semoga artikel ini dapat membantu Anda. (SNP)

Baca Juga:
Apa Itu Pasar Tunai dalam Dunia Investasi? Apa Itu Invoice? Kenali Fungsi dan Jenisnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.