Note

Rencana Kuasi Reorganisasi, Saham Bumi Resources (BUMI) Terbang 20 Persen

· Views 16
Rencana Kuasi Reorganisasi, Saham Bumi Resources (BUMI) Terbang 20 Persen
Rencana Kuasi Reorganisasi, Saham Bumi Resources (BUMI) Terbang 20 Persen. (Foto: Bumi Resources)

IDXChannel – Saham emiten batu bara PT Bumi Resources Tbk (BUMI) meroket di awal perdagangan Selasa (23/4/2024) seiring adanya rencana kuasi reorganisasi perseroan.

Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 10.15 WIB, saham BUMI terbang ke Rp102 per saham. Nilai transaksi tercatat mencapai Rp212,23 miliar dan volume perdagangan 2,15 miliar saham.

Baca Juga:
Rencana Kuasi Reorganisasi, Saham Bumi Resources (BUMI) Terbang 20 Persen Harga Batu Bara Anjlok 2,6 Persen

Dengan ini, saham BUMI menguat 17,44 persen dalam sepekan.

Lonjakan harga saham emiten yang dikendalikan Grup Salim dan Grup Bakrie tersebut terjadi seiring adanya keterbukaan informasi di sebuah harian bisnis soal rencana kuasi reorganisasi BUMI.

Baca Juga:
Rencana Kuasi Reorganisasi, Saham Bumi Resources (BUMI) Terbang 20 Persen Mau Tebus Rights Issue Wijaya Karya (WIKA) di Luar Bursa, Begini Caranya

Kuasi reorganisasi adalah prosedur akuntansi untuk merestrukturisasi ekuitas dengan mengeliminasi saldo laba negatif. 

Dalam penjelasannya, manajemen menyebut, “Perseroan bermaksud untuk melakukan Rencana Kuasi Reorganisasi dengan menggunakan laporan posisi keuangan konsolidasian Perseroan tanggal 31 Desember 2023.”

Baca Juga:
Rencana Kuasi Reorganisasi, Saham Bumi Resources (BUMI) Terbang 20 Persen Fluktuasi Harga, BEI Awasi Pergerakan Tiga Saham Ini

Hal tersebut dalam rangka memberikan gambaran yang sesungguhnya atas posisi keuangan BUMI, serta perseroan memiliki keyakinan yang kuat untuk bisa mempertahankan status kelangsungan usahanya dan untuk terus berkembang dengan baik di masa mendatang.

Perseroan menyampaikan informasi sebagaimana tertuang dalam Informasi Kepada Pemegang Saham ini sebagai pemenuhan persyaratan yang ditetapkan dalam Peraturan IX.L.1 dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 31/POJK.04/2015 tentang Keterbukaan Informasi atas Informasi atau Fakta Material oleh Emiten atau Perusahaan Publik.

Berkaitan dengan hal tersebut, BUMI bermaksud meminta persetujuan dari para Pemegang Saham Perseroan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 30 Mei 2024 mendatang untuk melakukan Rencana Kuasi Reorganisasi.

Secara singkat, BUMI bermaksud melakukan Rencana Kuasi Reorganisasi dengan cara mengeliminasi akumulasi rugi (defisit) dengan menggunakan posisi agio saham yang merupakan selisih lebih antara setoran modal dengan nilai nominal saham.

Oleh karena itu, sebagai langkah selanjutnya, jelas manajemen BUMI, perseroan akan melakukan restrukturisasi terhadap modal melalui Rencana Kuasi Reorganisasi, yaitu dengan cara mengeliminasi akumulasi rugi (defisit) dengan saldo agio saham.

Manajemen BUMI melanjutkan, beberapa manfaat dari Rencana Kuasi Reorganisasi bagi Perseroan antara lain adalah:

  1. Memberikan gambaran yang sesungguhnya atas kondisi keuangan Perseroan saat ini dan ke depannya. Perseroan diharapkan dapat meneruskan usahanya secara lebih baik (fresh start), dengan posisi keuangan sekarang dan tanpa dibebani defisit masa lampau.
  2. Memperbaiki struktur ekuitas Perseroan dengan mengeliminasi akumulasi rugi (defisit) dengan menggunakan saldo agio saham yang merupakan selisih lebih antara setoran modal dengan nilai nominal saham.
  3. Dengan tidak adanya saldo defisit, maka Perseroan dapat memberikan dampak positif bagi para pemegang saham karena Perseroan dapat membagi dividen sesuai dengan peraturan yang berlaku sehingga akan meningkatkan minat dan daya tarik bagi investor untuk memiliki saham pada Perseroan.
  4. Dengan kondisi posisi keuangan yang tanpa dibebani defisit masa lampau, Perseroan diharapkan lebih mudah memperoleh pendanaan dalam rangka pengembangan usaha.
  5. Meningkatkan likuiditas perdagangan saham, nilai investasi bagi investor dan nilai Perseroan.

Perbaikan Kinerja

Manajemen pun memberikan penjelasan soal BUMI yang menunjukkan tren performa keuangan yang membaik dalam 3 tahun terakhir walaupun dihadapkan dengan keadaan harga batu bara yang tidak stabil.

Hal tersebut, mengutip pihak BUMI, dapat terlihat dari peningkatan pendapatan sebesar 82% dari sebelumnya sebesar USD1.008,2 juta di 2021 menjadi USD1.830,1 juta di 2022.

Peningkatan pendapatan Perseroan ini sebagian besar disebabkan oleh meningkatnya harga batu bara secara global yang diakibatkan dari ketidakseimbangan penawaran/permintaan batu bara dan sebagai dampak perang Rusia-Ukraina.

Pendapatan hanya menurun sebesar 8,2% pada 2023 walaupun terjadi penurunan harga sebanyak 33% jika dibandingkan dengan 2022.

Sebelumnya, pada Oktober 2022, BUMI melakukan pelunasan atas keseluruhan utang berdasarkan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) melalui Peningkatan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) alias private placement senilai USD1,6 miliar atau setara dengan Rp24 triliun, yang menandai masuknya Grup Salim.

“Dengan pelunasan Utang PKPU tersebut, Perseroan menjadi perusahaan yang bebas utang dan tidak lagi memiliki beban atas bunga yang dibayar kepada para kreditur Utang PKPU sejak Desember 2017,” beber manajemen dalam keterbukaan informasi.

Rata-rata 3 tahun atas laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk adalah sebesar USD234,7 juta.

Selanjutnya, kata manajemen, BUMI memiliki prospek yang baik, terbukti dengan adanya laba operasional positif dalam laporan keuangan tahunan yang diaudit selama 3  tahun berturut-turut. (ADF)

Disclaimer: Keputusan pembelian/penjualan saham sepenuhnya ada di tangan investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.