Note

Keuangan Solid, Wulandari Bangun (BSBK) Siap Prelaunching Produk Baru

· Views 33
Keuangan Solid, Wulandari Bangun (BSBK) Siap Prelaunching Produk Baru
Keuangan Solid, Wulandari Bangun (BSBK) Siap Prelaunching Produk Baru (foto:MNC Media)

IDXChannel - PT Wulandari Bangun Laksana Tbk (BSBK), berhasil membukukan kinerja keuangan yang solid di sepanjang 2023 lalu.

Hingga akhir tahun, pengelola kawasan Balikpapan Superblock (BSB) tersebut sukses meraup pendapatan usaha sebesar Rp347 miliar, dengan porsi laba bersih sebesar Rp39 miliar, pada saat yang sama.

Baca Juga:
Keuangan Solid, Wulandari Bangun (BSBK) Siap Prelaunching Produk Baru Wulandari Bangun Laksana (BSBK) Bangun Gudang di IKN Senilai Rp100 Miliar

"Solidnya kinerja ini mendorong kami untuk terus melakukan ekspansi demi memperkuat lini usaha," ujar Direktur BSBK, Daniel Wirawan, dalam keterangan resminya.

Salah satu ekspansi tersebut, menurut Daniel, yaitu prelaunching Apartemen Sapphire dengan ketinggian 13 lantai dan total luasan gedung(gross) 18.921,17 m2, yang akan dilakukan di tahun ini.

Baca Juga:
Keuangan Solid, Wulandari Bangun (BSBK) Siap Prelaunching Produk Baru BSBK Groundbreaking Superblock Nusantara Senilai Rp3 Triliun, Ini Daftar Proyeknya

Daniel menjelaskan, apartemen ini memiliki total jumlah 212 unit, yang terdiri dari 101 tipe 1 kamar, 81 unit tipe 2 kamar, 24 unit tipe 3 kamar dan 6 unit tipe penthouse.

Fasilitas dalam apartement ini antara lain gym, infinity swimming pool, function room, Children playground dan yoga room.

Baca Juga:
Keuangan Solid, Wulandari Bangun (BSBK) Siap Prelaunching Produk Baru Wulandari Bangun Laksana (BSBK) Realisasikan Dana IPO Rp268,14 Miliar

"Selain itu, di dalam unit apartemen sudah lengkap dengan system smart home dan semi furnished. Kami berharap dapat memperoleh penjualan total sebesar Rp500 miliar dari proyek ini," tutur Daniel.

BSBK merupakan pengelola salah satu kawasan komersial terpadu dengan berbagai fasilitas, mulai dari pusat perbelanjaan eWalk dan Pentacity, hotel bintang 5 Grand Jatra Hotel, hotel bintang 4 Pentacity hotel dan Astara Hotel, hotel bintang 2 J.Icon, sekolahinternasional Bina Bangsa School, hunian apartment eksklusif, tempat rekreasi air Aquaboom, sports center dan hiburan pantaiBSB di Provinsi Kalimantan Timur.

Pada 2023, BSBK telah melakukan penambahan sebanyak 41 kamar untuk Pentacity Hotel. Rencana pada 2024 ini, BSBK akan menambah sebanyak 53 kamar lagi, sehingga total unit kamar akan menjadi 197 kamar.

"Meningkat cukup signifikan dibandingkan dengan total unit kamar di 2023 yang hanya sebanyak 144 unit," ungkap Daniel.

Tak hanya itu, BSBK disebut Daniel juga berhasil meningkatan okupansi Mall Pentacity dan Mall Ewalk, dimana pada 2023, okupansi Mall Pentacity mencapai sebesar 86,81 persen, meningkat dibanding 2022 yang hanya sebesar 80,78 persen.

Sedangkan untuk Mall Ewalk tingkat okupansinya meningkat menjadi sebesar 95,53 persen di 2023, dibanding pada 2022 lalu yang hanya sebesar 94,81 persen.

Perseroan berencana untuk menaikan okupansi Mall Pentacitydan Mall Ewalk pada tahun ini menjadi berturut-turut sebesar 90 persen dan 99,5 persen.

"Dengan adanya peningkatan okupansi yang dilakukan dan bauran tenant, Perseroan meyakini untuk bisamenambah daya tarik untuk warga Balikpapan dan kota sekitar Kalimantan Timur," ungkap Daniel.

Di sisi kinerja, pada 2023, BSBK mencatatkan penjualan dan pendapatan usaha sebesar Rp347 miliar. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 31 persen dibandingkan sebesar Rp265 miliar pada 2022 lalu.

Dari segmen penjualan, Perseroan mencatatkan peningkatan sebesar 60 persen, sedangkan dari segmen pendapatan sewa, mengalami peningkatan sebesar 27 persen. Peningkatan penjualan dan pendapatan sewa terjadi karena berakhirnya pandemi COVID-19 dan dampak pembangunan Ibu Kota Nusantara.
 
Peningkatan penjualan dan pendapatan usaha Perseroan berhasil mendorong laba usaha naik pada 2023, yaitu mencapai Rp110 miliar, tumbuh 38,71 persen dibandingkan pada 2022 yang hanya mencatatkan Rp79 miliar.

Peningkatan kinerja segmen usaha dan pendapatan mampu mendongkrak laba bersih Perseroan sebesar Rp39 miliar pada tahun 2023. Pencapaian ini melesat 895,81% dibandingkan laba bersih BSBK sebesar Rp3 miliar pada tahun 2022. 

"Peningkatan laba bersih tersebut terjadi karena peningkatan kinerja operasional serta efisiensi beban keuangan yang telah dilakukan oleh Perseroan," papar Daniel.

Sementara, total aset Perseroan pada 2023, tercatat sebesar Rp2.494 miliar, tidak terjadi perubahan yang signifikan dibandingkan dengan total aset pada tahun 2022 sebesar Rp2.521 miliar.

Di sisi lain, di 2023, Perseroan berhasil menurunkan total utang dari sebesar Rp875 miliar menjadi sebesar Rp808 miliar.

"Total ekuitas Perseroan pada tahun 2023 tercatat sebesar Rp1.686 miliar, naik 2,41 persen dibandingkan tahun 2022 sebesar Rp1.646 miliar. Kenaikan ini dikarenakan atas meningkatnya saldo laba Perseroan pada 2023," tegas Daniel. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.