Note

Tumbuh 40 Persen, Emiten Milik Toto Sugiri Sukses Kantongi Laba Rp514 Miliar di 2023

· Views 10
Tumbuh 40 Persen, Emiten Milik Toto Sugiri Sukses Kantongi Laba Rp514 Miliar di 2023
Tumbuh 40 Persen, Emiten Milik Toto Sugiri Sukses Kantongi Laba Rp514 Miliar di 2023 (foto: MNC media)

IDXChannel - PT DCI Indonesia Tbk (DCII) sukses mengantongi laba bersih sebesar Rp514 miliar di sepanjang 2023 lalu, atau tumbuh 40 persen dibanding laba pada periode sama tahun sebelumnya.

Capaian tersebut berhasil disisihkan dari perolehan pendapatan sebesar Rp1,3 triliun pada tahun lalu, atau tumbuh sebesar 25,1 persen dibanding perolehan pada tahun 2022 lalu.

Menurut Direktur Keuangan dan Corporate Affairs DCII, Evelyn, moncernya capaian tersebut di antaranya berhasil didapat dari sejumlah prestasi yang berhasil dibutuhakn perusahaan.

Beberapa di antaranya, menurut Evelyn, adalah keberhasilan ekspansi Platform DCII, dan juga keberhasilan menjadi operator pusat data pertama di Asia Tenggara, dengan meraih Tier IV Gold Certification of Operational Sustainability (TCOS).

"Capaian ini merupakan hasil optimalisasi berbagai strategi dan inovasi yang menjadi kunci keberhasilan DCI dalam mempertahankan pertumbuhan bisnis yang baik," ujar Evelyn, dalam Paparan Publik yang digelar perusahaan, usai penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), pada Senin (22/4/2024).

Dari sisi ekspansi dan skala operasionalnya, dikatakan Evelyn, DCII telah memperluas infrastrukturnya dengan menyelesaikan pembangunan pusat data DCI H2-02 Karawang, green data center pertama di Indonesia dengan kapasitas 12 megawatt (MW) yang sebagian menggunakan energi surya, serta membangun dan meresmikan DCI E1, pusat data Tier IV pertama di pusat kota Jakarta dengan kapasitas 19 MW.

"Sehingga, Perseroan kini telah mengoperasikan tujuh gedung pusat data dengan total kapasitas layanan 83 MW," tutur Evelyn.

Sejak beroperasi pada 2013, DCII telah mempertahankan tingkat ketersediaan layanan 100%, menegaskan komitmennya dalam menyediakan layanan kelas dunia yang didukung oleh implementasi Automation dan Artificial Intelligence.

Hal ini menghasilkan pencapaian sertifikasi baru pada tahun 2023, di samping perolehan Sertifikasi Tier IV Gold TCOS yang diberikan oleh Uptime Institute, Perseroan berhasil meraih Sertifikasi B-Corp dari B Lab Global dan Sertifikasi Sustainability Rating dari Ecovadis dengan predikat Silver.

Dalam hal keuangan, pada 2023 DCII berhasil mencatatkan pendapatan tahunan sebesar Rp1,3 triliun, menunjukkan pertumbuhan sebesar 25,1 persen secara tahunan (Year on Year/YoY).

EBITDA Perseroan tumbuh 24,3 persen mencapai Rp874 Miliar dengan perolehan 66,9 persen margin, serta Perseroan berhasil membukukan Laba Bersih sebesar Rp514 Miliar dengan pertumbuhan 40 persen Year on Year dan margin laba bersih tercatat sebesar 39 persen.

"Hal ini menandakan efisiensi operasional yang tinggi dan pengelolaan biaya yang efektif," ungkap Evelyn.

Evelyn juga menyatakan bahwa DCII terus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan pusat data dengan standar layanan kelas dunia. Dengan kepercayaan yang tinggi dari pelanggan, Perseroan berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan, peningkatan EBITDA serta peningkatan laba bersih yang positif selama tahun 2023.

Kinerja ini, dikatakan Evelyn, mencerminkan keberhasilan strategi yang telah kami terapkan dalam upaya efisiensi operasional yang berkelanjutan.

"Kami tidak akan berpuas diri dengan berbagai penghargaan dan pencapaian yang telah kami raih di tahun 2023. Ke depan, kami berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menyediakan solusi infrastruktur IT yang lebih efisien dan berkelanjutan, dengan tujuan utama untuk memberikan nilai tambah yang lebih besar bagi pelanggan kami dan berkontribusi terhadap percepatan digitalisasi di Indonesia," papar Evelyn.

Selanjutnya, RUPS Tahunan 2024 DCI telah dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi yang disediakan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), yaitu Electronic General Meeting System KSEI (eASY.KSEI).

Pelaksanaan RUPS tersebut telah menghasilkan lima keputusan, yaitu:

1. Menyetujui Laporan Tahunan termasuk Laporan Keuangan dan Laporan Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023.

Sehubungan dengan disetujuinya laporan-laporan tersebut, RUPS juga memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et decharge) kepada anggota Direksi Perseroan atas tindakan pengurusan dan kepada anggota Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengawasan yang dilaksanakan selama tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023.

2. Sehubungan dengan laba bersih yang diperoleh pada tahun buku 2023 sebesar Rp514 Miliar, RUPS menyetujui Penetapan Penggunaan Laba Bersih Perseroan untuk Tahun Buku 2023 sebesar Rp5 Miliar dialokasikan untuk tambahan cadangan umum dan sebesar Rp509 Miliar dialokasikan untuk laba ditahan (retained earning) untuk perluasan fasilitas pusat data. 

3. Menyetujui pelimpahan wewenang kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk melakukan penunjukan Kantor Akuntan Publik dan/atau Akuntan Publik untuk melakukan audit atas Laporan Keuangan untuk Tahun Buku 2024, termasuk tetapi tidak terbatas pada menetapkan besarnya honorarium dan syarat lainnya sehubungan dengan penunjukan tersebut, dan memberikan kewenangan dengan hak substitusi untuk menunjuk Akuntan Publik pengganti kepada Dewan Komisaris Perseroan.

4. Menyetujui usulan penetapan remunerasi Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku 2024 dengan total nilai sebesar Rp4.150 Juta dan menyetujui pelimpahan wewenang penetapan remunerasi Direksi Perseroan untuk tahun buku 2024 kepada Dewan Komisaris Perseroan.

5. Menyetujui pengalihan dan/atau menjadikan lebih dari 50% kekayaan bersih Perseroan sebagai jaminan utang atas nama Perseroan guna mendapatkan pendanaan baru yang berasal dari pihak ketiga termasuk sumber perbankan, dalam satu transaksi atau lebih, baik yang berkaitan satu sama lain maupun tidak. 

"Menghadapi masa depan, kami berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dan meningkatkan keunggulan operasional. Dengan langkah-langkah strategis yang telah diletakkan, perseroan bertujuan untuk terus mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar pusat data di Indonesia, menjaga standar pelayanan yang tinggi dan mendukung ekosistem digital yang berkelanjutan di Indonesia dan kawasan regional," tegas Evelyn. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.