Note

Kantongi Laba Rp514 Miliar, RUPS DCII Sepakat Tak Bagi Dividen

· Views 18
Kantongi Laba Rp514 Miliar, RUPS DCII Sepakat Tak Bagi Dividen
Kantongi Laba Rp514 Miliar, RUPS DCII Sepakat Tak Bagi Dividen (foto: MNC media)

IDXChannel - PT DCI Indonesia Tbk (DCII) baru saja menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) secara daring, Senin (22/4/2024).

Dalam RUPST tersebut, emiten milik taipan teknologi, Toto Sugiri, tersebut menyepakati penggunaan laba bersih yang berhasil diraup sepanjang 2023 sebesar Rp514 miliar, untuk dua jenis peruntukan.

Pertama, sebesar Rp5 miliar akan disisihkan sebagai tambahan cadangan umum perusahaan, sedangkan alokasi kedua adalah sebesar Rp509 miliar, yang dicatat sebagai laba ditahan (retained earning) untuk perluasan fasilitas pusat data.

Dengan adanya keputusan tersebut, maka praktis dapat disimpulkan bahwa tidak ada dividen yang akan dibagi kepada pemegang saham oleh DCII untuk tahun buku kinerjanya di sepanjang 2023 lalu.

"RUPS Tahunan 2024 perusahaan telah kami laksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi yang disediakan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), yaitu Electronic General Meeting System KSEI (eASY.KSEI)," ujar Direktur Keuangan sekaligus Corporate Affairs DCII, Evelyn, dalam paparan publik (public expose) yang digelar perusahaan, usai pelaksanaan RUPST.

Dalam RUPST tersebut, menurut Evelyn, telah disepakati sedikitnya lima keputusan penting, yaitu:

1. Menyetujui Laporan Tahunan termasuk Laporan Keuangan dan Laporan Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023.

Sehubungan dengan disetujuinya laporan-laporan tersebut, RUPS juga memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et decharge) kepada anggota Direksi Perseroan atas tindakan pengurusan dan kepada anggota Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengawasan yang dilaksanakan selama tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023.

2. Sehubungan dengan laba bersih yang diperoleh pada tahun buku 2023 sebesar Rp514 Miliar, RUPS menyetujui Penetapan Penggunaan Laba Bersih Perseroan untuk Tahun Buku 2023 sebesar Rp5 Miliar dialokasikan untuk tambahan cadangan umum dan sebesar Rp509 Miliar dialokasikan untuk laba ditahan (retained earning) untuk perluasan fasilitas pusat data. 

3. Menyetujui pelimpahan wewenang kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk melakukan penunjukan Kantor Akuntan Publik dan/atau Akuntan Publik untuk melakukan audit atas Laporan Keuangan untuk Tahun Buku 2024, termasuk tetapi tidak terbatas pada menetapkan besarnya honorarium dan syarat lainnya sehubungan dengan penunjukan tersebut, dan memberikan kewenangan dengan hak substitusi untuk menunjuk Akuntan Publik pengganti kepada Dewan Komisaris Perseroan.

4. Menyetujui usulan penetapan remunerasi Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku 2024 dengan total nilai sebesar Rp4.150 Juta dan menyetujui pelimpahan wewenang penetapan remunerasi Direksi Perseroan untuk tahun buku 2024 kepada Dewan Komisaris Perseroan.

5. Menyetujui pengalihan dan/atau menjadikan lebih dari 50% kekayaan bersih Perseroan sebagai jaminan utang atas nama Perseroan guna mendapatkan pendanaan baru yang berasal dari pihak ketiga termasuk sumber perbankan, dalam satu transaksi atau lebih, baik yang berkaitan satu sama lain maupun tidak. 

"Menghadapi masa depan, kami berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dan meningkatkan keunggulan operasional. Dengan langkah-langkah strategis yang telah diletakkan, perseroan bertujuan untuk terus mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar pusat data di Indonesia, menjaga standar pelayanan yang tinggi dan mendukung ekosistem digital yang berkelanjutan di Indonesia dan kawasan regional," tegas Evelyn. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.