Note

Tiga Pendorong Penguatan Rupiah Hari Ini, Salah Satunya Surplus Neraca Perdagangan

· Views 17
Tiga Pendorong Penguatan Rupiah Hari Ini, Salah Satunya Surplus Neraca Perdagangan
Tiga Pendorong Penguatan Rupiah Hari Ini, Salah Satunya Surplus Neraca Perdagangan. Foto: MNC Media.

IDXChannel - Nilai tukar (kurs) rupiah hari ini dibuka menguat dibandingkan mata uang Asia lainnya. Mengutip data Bloomberg, rupiah dibuka pada level Rp16.215 per dolar AS (USD), menguat 42,5 poin atau 0,26 persen.

Pengamat pasar uang, Ibrahim Assuaibi mengatakan, ada tiga penyebab mata uang Garuda menguat, salah satunya neraca dagang yang mengalami surplus.

Baca Juga:
Tiga Pendorong Penguatan Rupiah Hari Ini, Salah Satunya Surplus Neraca Perdagangan Keluhkan Nilai Tukar Rupiah Melemah, Penyelenggara Umrah Segera Sesuaikan Harga

"Nah ini juga sesuai dengan ekspektasi oleh para analis yang mengatakan perdagangan indonesia ini masih cukup bagus karena ekspor-impor dengan China salah satu yang mendukung surplus dari neraca perdagangan," kata Ibrahim dalam keterangan resminya, Senin (22/4/2024).

Kemudian, faktor yang kedua, datang dari domestik, yakni bersamaan dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa pemilihan umum presiden.

Baca Juga:
Tiga Pendorong Penguatan Rupiah Hari Ini, Salah Satunya Surplus Neraca Perdagangan Melemahnya Rupiah Berdampak ke Ibu Rumah Tangga hingga Pelaku UMKM

"Kami sebagai seorang ekonom percaya bahwa MK akan memberikan putusan tidak akan mendiskualifikasi paslon 02, tetapi kemungkinan besar MK akan memutuskan wilayah-wilayah mana yang terjadi kecurangan untuk dilakukan pemilihan ulang," ujar dia.

Sedangkan penyebab yang ketiga adalah walaupun tensi geopolitik di Timur Tengah sedikit mereda dalam minggu ini, Bank Indonesia masih tetap terus melakukan operasi moneter yang pro market dan terintegrasi dengan pendalaman pasar uang guna mendukung ketahanan eksternal ekonomi Indonesia.

Baca Juga:
Tiga Pendorong Penguatan Rupiah Hari Ini, Salah Satunya Surplus Neraca Perdagangan Kembali Anjlok, Rupiah Dekati Rp16.300/USD

"Kita lihat bahwa saat ini juga perdagangan di DNDF juga terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan terutama valuta asing dan obligasi," katanya.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.