Note

IHSG Berpeluang Lanjutkan Pelemahan, Ini Top Picks Saham Pilihan Analis Hari Ini

· Views 16
IHSG Berpeluang Lanjutkan Pelemahan, Ini Top Picks Saham Pilihan Analis Hari Ini
IHSG Berpeluang Lanjutkan Pelemahan, Ini Top Picks Saham Pilihan Analis Hari Ini (foto: MNC media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan kembali bakal terendam di zona merah pada perdagangan hari ini, Senin (22/4/2024).

Hal ini melanjutkan tren pelemahan yang sebelumnya juga terjadi pada akhir pekan lalu, Jumat (19/4/2024), di mana indeks melemah hingga 79,5 poin (1,11 persen) menuju 7.087,32.

Baca Juga:
IHSG Berpeluang Lanjutkan Pelemahan, Ini Top Picks Saham Pilihan Analis Hari Ini IHSG Berpeluang Menguat, Simak Top Picks Saham versi Analis Hari Ini

Hal tersebut disampaikan oleh Menurut Equity Research Analyst Phintraco Sekuritas, Alrich Paskalis Tambolang, Jumat (19/4/2024) lalu.

Dengan asumsi kondisi pasar yang demikian, Alrich menilai masih ada sejumlah saham yang memiliki potensi cukup bagus, sehingga layak dicermati lebih jauh.

Baca Juga:
IHSG Berpeluang Lanjutkan Pelemahan, Ini Top Picks Saham Pilihan Analis Hari Ini Pasar Cenderung Wait and See, Simak Top Picks Saham Pilihan Analis Hari Ini

Deretan saham potensi tersebut, di antaranya, adalah PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA), PT aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Vale Indonesia Tbk (INCO), PT Elnusa Tbk (ELSA), PT Jasa Marga Tbk (JSMR) dan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO). 

Menurut Equity Research Analyst Phintraco Sekuritas, Alrich Paskalis Tambolang, pergerakan IHSG sepanjang hari ini bakal banyak dipengaruhi oleh sejumlah data regional dan domestik.

Baca Juga:
IHSG Berpeluang Lanjutkan Pelemahan, Ini Top Picks Saham Pilihan Analis Hari Ini IHSG Berpeluang Menguat, Simak Deretan Top Picks Saham Pilihan Analis Hari Ini

Dari sisi regional, misalnya, terdapat rilis data Loan Prime Rate 1Y dan Loan Prime Rate 5Y di China. Pada Maret 2024, The People's Bank of China (PBOC) mempertahankan suku bunga pinjaman acuan yakni Loan Prime Rate 1Y sebesar 3,45 persen, sedangkan Loan Prime Rate 5Y sebesar 3,95 persen.

Alrich menjelaskan, kedua suku bunga tersebut masih berada pada rekor terendah seiring dengan tujuan PBOC untuk berupaya memacu pertumbuhan perekonomian dari krisis properti dan rendahnya consumer confidence.

Sementara, pada hari yang sama juga terdapat rilis Foreign Direct Investment (FDI) Maret 2024 di China yang telah mengalami pelemahan signifikan sejak Juni 2023 dan berada di level terendah dalam 30 tahun terakhir.

"Rilis data FDI China diharapkan membaik seiring dengan pertumbuhan GDP China yang berada di atas ekspektasi konsensus pada kuartal pertama 2024 yakni 5,3% year on year (YoY)," ujar Alrich, Jumat (19/4/2024) lalu.

Sedangkan dari sisi domestik, dikatakan Alrich, hari ini juga terdapat rilis data neraca dagang Maret 2024. Alrich memperkirakan, akan ada kenaikan tipis seiring dengan meningkatnya kinerja ekspor komoditas.

Surplus neraca dagang Indonesia pada Februari 2024 menyusut menjadi USD0,87 miliar. Hal ini jauh dari perkiraan konsensus sebesar USD2,32 miliar.

"Kontraksi ekspor diharapkan kembali pulih seiring dengan peningkatan laju perekonomian China yang membaik kuartal pertama tahun 2024," tutur Alrich.

Secara teknikal, Alrich melihat, terdapat peluang downside yang masih terbuka di kisaran 7.035 atau di moving average (MA) 200 pada Senin (22/4).

Hal tersebut sejalan dengan indikator death cross pada Stochastic Relative Strength Index (RSI) serta pelebaran negative slope pada moving average convergence/divergence (MACD). (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.