Note

Usai Akuisisi BPR, KoinWork Mulai Raih laba

· Views 31

Pasardana.id- KoinWorks Bank  laba  pertamanya pada Januari 2024, hanya setahun setelah diakuisisi oleh pendiri KoinWorks dan menjadi bagian dari KoinWorks Group.

Hasil senada dilaporkan anak usaha Koinworks lainnya,  Lunaria Annua Teknologi (LAT) sebagai penyelenggara pinjaman untuk UMKM  melaporkan laba tahun penuh pada 2023.

CEO dan Co-Founder KoinWorks serta pemilik dari KoinWorks Bank,  Benedicto Haryono menyatakan,  KoinWorks Bank dan LAT  telah melaporkan hasil menguntungkan. Hal itu hasil dari fokus strategis kami pada pertumbuhan yang berkelanjutan.

“Prestasi ini mengonfirmasi dedikasi kami dalam memberikan nilai kepada pemangku kepentingan. Kami juga menjadi lebih dekat ke tujuan kami untuk mencapai profitabilitas grup pada akhir tahun 2024,” terang dia kepada media, Minggu(21/4/2024).

Seperti diketahui, KoinWorks mengakuisisi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Asri Cikupa Karya pada Januari 2023 yang kemudian secara legal beroperasi dengan nama KoinWorks Bank sejak Oktober 2023.

Haryono melanjutkan, kkuisisi strategis ini memberikan  pengguna KoinWorks  akan  pilihan produk Deposito Berjangka dengan tingkat pengembalian bersaing yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

“Laba awal tahun yang dilaporkan adalah hasil langsung dari portofolio pelanggan UMKM yang terdiversifikasi dengan baik dengan tingkat non-performing loans (NPL) yang dapat dipertahankan, yakni tercatat 0,5 persen saat ini dan hasil dari biaya dana yang lebih rendah pada produk deposito berjangka,” papar dia.

 Sejak akuisisi, jelas dia,  KoinWorks Group telah menyuntikkan modal dan berupaya untuk mentransformasi KoinWorks Bank menjadi wadah digital untuk bisnis dan konsumen, yang direncanakan akan diluncurkan pada tahun 2025.

Selain KoinWorks Bank, kata dia, pada akhir Januari 2024, KoinWorks Group melaporkan profit dari Lunaria Annua Teknologi (LAT) untuk tahun penuh 2023. Perusahaan berhasil mengembangkan portofolio kredit UMKMnya, dengan menyalurkan pinjaman produktif lebih dari Rp10 triliun sepanjang tahun 2023.

“Secara konkrit, hal ini juga berkontribusi pada peningkatan 25 persen dalam EBITDA pada tahun 2023, dan peningkatan margin sebesar 65 persen dalam periode yang sama,” terang Haryono.

Ia menegaskan, profitabilitas pada tahun 2024 tak hanya menjadi tonggak penting bagi KoinWorks Group, tetapi juga memperkuat kemampuannya untuk memenuhi komitmen kepada para pemangku kepentingannya.

 “Keberhasilan KoinWorks Bank mencerminkan kemampuan kami untuk melaksanakan strategi perubahan dengan efektif. Sementara itu, prestasi LAT dalam mencapai profitabilitas tahun penuh pada 2023 menegaskan komitmen kami terhadap inovasi dan efisiensi dalam melayani UMKM." pungkas Haryono.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.