Note

Rupiah Kembali Melemah ke Rp16.260 di Tengah Konflik Israel-Iran

· Views 26
Rupiah Kembali Melemah ke Rp16.260 di Tengah Konflik Israel-Iran
Rupiah Kembali Melemah ke Rp16.260 di Tengah Konflik Israel-Iran. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Nilai tukar (kurs) rupiah sore ini ditutup melemah 81 poin ke level Rp16.260 setelah sebelumnya sempat menguat ke Rp16.179 per dolar AS. Dari data Bloomberg, rupiah hari ini sempat dibuka pada level Rp16.261 per dolar AS.

Pengamat pasar uang, Ibrahim Assuaibi, mengatakan dolar AS menguat karena beragam data AS tidak banyak menggoyahkan pandangan bahwa perekonomian masih dalam kondisi yang kuat, menunjukkan Federal Reserve (The Fed) kemungkinan akan menunda penurunan suku bunga pertamanya sejak 2020 hingga akhir tahun ini serta memanasnya eskalasi Iran Israel menjadi fokus.

Baca Juga:
Rupiah Kembali Melemah ke Rp16.260 di Tengah Konflik Israel-Iran Pemerintah Sebut Pelemahan Rupiah Tak Sedalam Negara Lain

Komentar dari Presiden Fed New York John Williams yang mengatakan tidak ada kebutuhan mendesak untuk menurunkan suku bunga saat ini mengingat kekuatan perekonomian, juga membantu mengangkat dolar. Presiden Fed New York selalu menjadi pemilih di komite penetapan kebijakan bank sentral.

"Namun data ekonomi AS yang kuat dan inflasi yang terus berlanjut telah mendorong investor untuk secara drastis memikirkan kembali kemungkinan The Fed menurunkan suku bunganya dalam waktu dekat," tulis Ibrahim dalam risetnya, Jumat (19/4/2024).

Baca Juga:
Rupiah Kembali Melemah ke Rp16.260 di Tengah Konflik Israel-Iran Konflik Timur Tengah Makin Panas, Gubernur BI Pastikan Stabilitas Rupiah Terjaga 

Kemudian, eskalasi Iran-Israel menjadi fokus setelah laporan ledakan di seluruh Iran Berbagai laporan media, termasuk dari kantor berita Iran, menunjukkan ledakan di beberapa wilayah Iran, Suriah dan Irak.  Beberapa outlet berita AS melaporkan para pejabat AS mengatakan bahwa Israel telah melakukan serangan balik terhadap Iran atas serangan minggu lalu.

Adapun yang menjadi perhatian khusus adalah ledakan di Kota Isfahan, yang terletak di dekat beberapa fasilitas nuklir Iran. Iran awal pekan ini telah memperingatkan Israel agar tidak menyerang situs nuklirnya, dan bahkan mungkin mempertimbangkan kembali pembuatan senjata nuklir dalam skenario seperti itu.

Baca Juga:
Rupiah Kembali Melemah ke Rp16.260 di Tengah Konflik Israel-Iran Israel Serang Balik Iran, Rupiah Semakin Tertekan?
Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.