Note

Iran dan Israel Makin Memanas, BI Bakal Intervensi Jaga Stabilitas Rupiah

· Views 8
Iran dan Israel Makin Memanas, BI Bakal Intervensi Jaga Stabilitas Rupiah
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta

Bank Indonesia (BI) memastikan akan terus menjaga stabilisasi nilai tukar di tengah ketidakpastian akibat meningkatnya ketegangan Iran versus Israel. Hal ini dinilai menjadi fokus penting bank sentral Tanah Air.

Demikian kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam sidang IMF-World Bank di Washington DC, yang disampaikan melalui keterangan tertulis, Jumat (19/4/2024).

"Kami terus memastikan stabilitas Rupiah tetap terjaga dengan intervensi valuta asing dan langkah-langkah lain yang diperlukan," kata Perry.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Perry menilai ekonomi Indonesia termasuk salah satu negara emerging market (EMEs) yang kuat dalam menghadapi dampak rambatan global akibat ketidakpastian penurunan Fed Fund Rate (FFR) dan meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah. Hal itu ditopang oleh kebijakan moneter dan fiskal yang prudent dan terkoordinasi erat.

Perry memastikan pengelolaan aliran portfolio asing yang ramah pasar, termasuk operasi moneter yang "pro-market" dan terintegrasi dengan pendalaman pasar uang, mendukung ketahanan eksternal ekonomi Indonesia.

ADVERTISEMENT

Mengutip data RTI, pagi ini dolar AS berada di level tertingginya pada Rp 16.279 dan terendahnya Rp 16.162. Dolar AS menguat secara harian, bulanan, hingga setahun terakhir terhadap rupiah.

Dolar AS juga mayoritas menguat terhadap mata uang Asia lainnya. Mata uang Paman Sam itu hanya melemah terhadap yen Jepang.

Simak Video: Kondisi Isfahan Iran Setelah Diserang Israel

[Gambas:Video 20detik]



(aid/rrd)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.