Note

Konflik Israel-Iran Bikin Bursa Asia Kompak Turun, Termasuk IHSG!

· Views 15
Konflik Israel-Iran Bikin Bursa Asia Kompak Turun, Termasuk IHSG!
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) merespons turunnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Pada pembukaan perdagangan pagi ini, IHSG berada di zona merah dan dibuka ke level 7.166,6 kemudian langsung turun 1,12% ke level 7.087,5.

Sedangkan pada sesi I siang hari ini, IHSG turun 103,72 poin atau 1,45% ke level 7.063. Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Irvan Susandy menjelaskan, kondisi ini tak lepas dari meningkatnya tensi antara Israel dan Iran.

Menurutnya, konflik kedua negara direspons negatif oleh bursa-bursa di kawasan Asia. Imbasnya, hampir seluruh bursa di Asia turun 0,40% sampai dengan 3,31%.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Peningkatan eskalasi antara Israel dan Iran direspons negatif oleh bursa-bursa di kawasan Asia termasuk Indonesia (turun 1,82%). Berdasarkan data terkini (hampir) seluruh bursa Asia mengalami penurunan di antara -0,40% s.d -3,31%," katanya kepada wartawan, Jumat (19/4/2024).

Ia menyebut, beberapa bursa kawasan Asia turun lebih dalam dibandingkan Indonesia, misalnya bursa Filipina yang terkoreksi 1,71%, hingga bursa Jepang yang merosot 2,54%.

ADVERTISEMENT

"Artinya, ada beberapa bursa yang turun lebih dalam dari Indonesia seperti Philippines (-1,71%), Vietnam (-1,93%), Thailand (-1,81%) dan Jepang (-2,54%)," sambung Irvan.

Serangan terbaru Israel ke Iran membuat tensi di Timur Tengah tak kunjung mereda. Rudal Israel menghantam wilayah Iran, yang ledakannya terdengar di bandara di kota Isfahan.

Sebelum serangan Israel, Iran telah meluncurkan ratusan drone dan rudal ke wilayah Israel. Aksi Iran itu merupakan balasan terhadap serangan ke kompleks kedutaan besarnya di Suriah yang diduga dilakukan Israel.

(ily/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.