Note

Pefindo Pertahankan Peringkat idAA untuk Elnusa (ELSA)

· Views 16
Pefindo Pertahankan Peringkat idAA untuk Elnusa (ELSA)
Pefindo Pertahankan Peringkat idAA untuk Elnusa (ELSA)  (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Lembaga pemeringkat, Pefindo mempertahankan peringkat idAA untuk PT Elnusa Tbk (ELSA) dengan outlook stabil. 

Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh risiko fluktuasi harga minyak mentah global dan paparan risiko transisi energi.

"Peringkat tersebut mencerminkan dukungan dan sinergi yang kuat dari Elnusa dengan Pertamina Group, kehadiran dan diversifikasi yang kuat dalam layanan minyak dan gas bisnis, dan profil keuangan yang sangat kuat," tulis Pefindo, Rabu (17/4/2024).

Pefindo menegaskan, peringkat ini dapat dinaikkan jika Elnusa memperkuat posisi bisnisnya secara signifikan. Peringkat bisa diturunkan jika Elnusa agresif membiayai ekspansinya dengan utang jauh lebih besar dari yang diproyeksikan, tanpa kompensasi yang memadai melalui penguatan kinerja bisnis, atau jika terdapat pengurangan biaya layanan secara signifikan, yang mengakibatkan
pendapatan, arus kas, atau profitabilitas yang lebih rendah. 

"Peringkat juga bisa berada di bawah tekanan jika terdapat indikasi berkurangnya dukungan dari Grup, terutama pada saat ini kesulitan finansial," tulis Pefindo.

Pertamina Hulu Energi (PHE) adalah Pemegang saham utama Elnusa dengan kepemilikan 51,1%. Sisa saham dimiliki oleh lainnya, termasuk masyarakat yang kepemilikan sahamnya masing-masing di bawah 5%, yaitu sebesar 48,9%.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.