Note

Rupiah Tumbang ke Rp16.264 per USD usai Serangan Balasan Israel ke Iran

· Views 7
Rupiah Tumbang ke Rp16.264 per USD usai Serangan Balasan Israel ke Iran
Rupiah Tumbang ke Rp16.264 per USD usai Serangan Balasan Israel ke Iran. (Foto: Reuters)

IDXChannel - Nilai tukar rupiah kembali mengalami tekanan hebat terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Jumat (19/4/2024), imbas eskalasi konflik yang memanas di Timur Tengah.

Rupiah tumbang menyusul laporan ledakan besar di Iran, Irak dan Suriah yang diduga merupakan serangan balasan Israel.

Baca Juga:
Rupiah Tumbang ke Rp16.264 per USD usai Serangan Balasan Israel ke Iran Harga Emas Kembali Sentuh Level Tertinggi usai Serangan Balasan Israel ke Iran

Per pukul 9.21 WIB, rupiah melemah 0,60 persen di level Rp16.269 per USD, setelah pada Selasa (16/2) melemah 2,12 persen berada di level Rp16.174 per USD.

Sebelumnya, rupiah ditutup Rp16.172 per USD pada perdagangan Kamis (18/4).

Baca Juga:
Rupiah Tumbang ke Rp16.264 per USD usai Serangan Balasan Israel ke Iran Harga Minyak Terbang 3 Persen Imbas Serangan Balasan Israel ke Iran

Berdasarkan data Trading View, dalam sebulan rupiah sudah melemah 3,56 persen dan secara mingguan sudah anjlok 2,71 persen. Pelemahan rupiah juga menjadi yang terparah sejak Maret 2020. (Lihat grafik di bawah ini.)

Rudal Israel dikabarkan menghantam wilayah Iran pada Jumat dini hari (19/4).  Ini merupakan aksi balasan terhadap serangan misil dan drone Iran ke wilayah Israel akhir pekan lalu

Baca Juga:
Rupiah Tumbang ke Rp16.264 per USD usai Serangan Balasan Israel ke Iran Eskalasi Konflik, Rudal Israel Hantam Wilayah Iran

Dilansir dari ABC News, aksi balasan Israel tersebut dikonfirmasi sejumlah pejabat keamanan Amerika Serikat (AS).

Kantor berita Iran, Fars, melaporkan ledakan terdengar di sebuah bandara di Kota Isfahan. Namun, penyebabnya belum bisa dipastikan.

Beberapa fasilitas nuklir berlokasi di Provinsi Isfahan, termasuk pabrik pengayaan uranium yang berada di wilayah Natanz. Otoritas Iran dilaporkan mengalihkan sejumlah penerbangan di Isfahan.

Israel hingga saat ini belum memberikan keterangan apa pun.

Konflik antara kedua negara semakin memanas dalam beberapa bulan terakhir. Akhir pekan lalu, Iran meluncurkan ratusan drone dan misil ke wilayah Israel. Awal bulan ini, Israel menyerang area kedutaan Iran di Suriah yang menewaskan sejumlah jenderal Iran. (ADF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.