Note

Genjot Bisnis Nikel, Harum Energy (HRUM) Gandeng Perusahaan China Eternal Tsingshan

· Views 12
Genjot Bisnis Nikel, Harum Energy (HRUM) Gandeng Perusahaan China Eternal Tsingshan
Genjot Bisnis Nikel, Harum Energy (HRUM) Gandeng Perusahaan China Eternal Tsingshan (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Harum Energy Tbk (HRUM) melakukan kerja sama strategis dengan perusahaan asal China, Eternal Tsingshan Group Limited (ET). 

Keduanya telah menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) pada 5 April 2024 lalu.

Direktur Utama HRUM, Ray A. Gunara menyampaikan, ET merupakan suatu perusahaan yang didirikan di Hong Kong SAR yang melalui afiliasinya telah melakukan banyak investasi di Indonesia, terutama di kegiatan pengolahan dan pemurnian nikel (Grup Mitra). 

Grup Mitra juga merupakan mitra operator dari proyek smelter perseroan dan pengelola dari kawasan industri Weda Bay di Maluku Utara.

“Perseroan dan ET bermaksud untuk melakukan kerja sama strategis, di mana ET akan menjadi mitra strategis dalam mengelola dan mengembangkan proyek-proyek dalam portofolio nikel perseroan,” kata Ray dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Jumat (19/4/2024).

Untuk merealisasikan kerja sama tersebut, lanjut Ray, anak perusahaan perseroan yaitu PT Harum Nickel Perkasa (HNP) dan PT Tanito Harum Nickel (THN) bermaksud untuk terlebih dahulu menerbitkan surat utang wajib konversi (SUWK) yang akan diambil bagian oleh mitra strategis.

SUWK tersebut nantinya akan dikonversikan menjadi sejumlah saham baru dalam HNP atau THN yang mewakili kepemilikan saham efektif sampai 49% dalam portofolio nikel HRUM. 

Di mana ketentuan termasuk mengenai jumlah pokok, tanggal jatuh tempo dan periode konversi akan disepakati kemudian oleh para pihak dengan tetap memperhatikan peraturan yang berlaku. Adapun, SUWK ditargetkan dapat diterbitkan pada kuartal III-2024.

“Imbalan yang diperoleh atas pengambil bagian SUWK  akan digunakan untuk menyelesaikan sebagian kewajiban perseroan dan anak perusahaannya, sehubungan dengan akuisisi sebagian aset dalam portofolio nikel perseroan,” ujar Ray.

Ray menjelaskan, kerja sama yang direncanakan dapat membawa manfaat dan menciptakan peluang usaha bagi perseroan antara lain, memperoleh sinergi dari gabungan pengalaman dan kemampuan HRUM dan Grup Mitra di bidang pertambangan dan pengolahan produk nikel, demi memaksimalkan efisiensi dan kinerja operasional portofolio nikel HRUM ke depan.

Kemudian, kerja sama yang dilakukan akan memberi kepastian terkait keberlanjutan pengelolaan dan pengoperasian proyek-proyek dalam portofolio nikel perseroan. Juga meningkatkan struktur permodalan portofolio nikel HRUM melalui penurunan rasio kewajiban terhadap ekuitas setelah pelaksanaan konversi SUWK.

Kerja sama ini, lanjut Ray, juga akan membentuk portofolio industri nikel yang terintegrasi mulai dari hulu ke hilir dengan produk nikel yang beragam, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perseroan dalam menghimpun dana untuk membiayai pengembangan usaha lebih lanjut.

“Serta mendukung upaya alih teknologi dalam industri pemurnian dan pengolahan nikel, dan upaya alih pengetahuan dalam kegiatan pemasaran dan akses ke rantai pasokan industri stainless steel dan baterai di pasar global,” tutur Ray.

Lebih lanjut Ray menegaskan, kerja sama yang dilakukan tidak memberikan dampak negatif material terhadap kegiatan operasional, hukum, keuangan dan kelangsungan usaha HRUM.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.