Note

Istana Negara dan Kantor Presiden di IKN Sudah Bisa Beroperasi di Juli 2024

· Views 20

Pasardana.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan Istana Negara dan Kantor Presiden di IKN sudah dapat beroperasi fungsional pada Juli. 

Diinformasikan Kepala Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara atau IKN Danis Sumadilaga, terkait dengan utilitas listrik, internet, dan jaringan air Danis memastikan bahwa setiap bangunan di IKN, termasuk Istana Negara dan Kantor Presiden sudah tersedia air, listrik, dan internet.

"Jadi untuk presiden itu ada dua yakni Kantor Presiden dan Istana Negara. Insya Allah ini juga fungsional pada Juli-Agustus sudah ada air, listrik dan internetnya," ujarnya di Jakarta, Kamis (18/4).

Danis menjelaskan, untuk air, pihaknya sedang menyiapkan air baku dari intake Sepaku yang dipasang dan sudah disiapkan jaringan pipanya dengan dimasukkan ke dalam multi utility tunnel (MUT).

Sedangkan untuk listrik, PLN sudah menyiapkan yang bersumber dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sekitar 50 MW. Kemudian dari Telkom terkait telekomunikasi yakni internet dimasukkan ke dalam boks MUT, kemudian nantinya akan terhubung ke setiap kavling-kavling bangunan.

"Insya Allah sudah siap yakni air, listrik, dan internet. Pada saat ini secara paralel bersama dengan penyelesaian gedung kita sudah mulai koneksikan utilitas-utilitas tersebut kepada masing-masing bangunan," kata Danis.

Kementerian PUPR memastikan bahwa pembangunan Istana Negara, lapangan upacara, kawasan istana dan Kantor Presiden tetap sesuai target serta diharapkan bisa selesai, dan dapat dimanfaatkan untuk Upacara HUT Kemerdekaan RI pada tahun 2024 ini di IKN.

Seperti diketahui, perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN, Kalimantan Timur, menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara, secara bertahap dari Jakarta ke Nusantara.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.