Note

Pemilu hingga Konflik Timur Tengah Pengaruhi Penerbitan Surat Uang Korporasi di 2024

· Views 34
Pemilu hingga Konflik Timur Tengah Pengaruhi Penerbitan Surat Uang Korporasi di 2024
Pemilu hingga Konflik Timur Tengah Pengaruhi Penerbitan Surat Uang Korporasi di 2024. Foto: MNC Media.

IDXChannel - Sejumlah faktor global menjadi sentimen yang memengaruhi penerbitan surat utang korporasi pada 2024. Dua hal utamanya mencakup hasil pemilihan umum dan tensi geopolitik Timur Tengah.

Pemilu nasional baik eksekutif dan legislatif telah berlangsung. Kendati masih terdapat sengketa, kondisi ini dipandang dapat mengurangi sikap wait-and-see pelaku pasar modal.

Baca Juga:
Pemilu hingga Konflik Timur Tengah Pengaruhi Penerbitan Surat Uang Korporasi di 2024 Beda Surat Utang Negara dan Korporasi, Cek Untung dan Risikonya

“Dengan selesainya pemilu nasional 2024 ini kondisi wait and see korporasi yang cukup besar pada 2023 cenderung mengalami penurunan,” kata Ekonom PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo), Suhindarto dalam konferensi pers, Kamis (18/4/2024).

Adapun Indonesia bersiap menggelar Pilkada serentak akhir November nanti. Hajatan lima tahun sekali ini dinilai dapat menjaga supply-demand, sehingga membantu pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga:
Pemilu hingga Konflik Timur Tengah Pengaruhi Penerbitan Surat Uang Korporasi di 2024 Upgrade SPPA, BEI Bidik Transaksi Surat Utang Rp140 Triliun 

Hal ini secara otomatis akan berdampak terhadap kinerja perusahaan, sehingga ikut mengerek potensi penerbitan obligasi dan/atau sukuk.

Dari data penerbitan yang masuk hingga kuartal I-2024, sebanyak 56,5% tujuan pendanaan surat utang ditujukan untuk modal kerja, sementara 31,2% adalah untuk refinancing. 

Baca Juga:
Pemilu hingga Konflik Timur Tengah Pengaruhi Penerbitan Surat Uang Korporasi di 2024 BEI Bakal Sinergikan Transaksi REPO Surat Utang ke SPPA

Adaptasi Suku Bunga Tinggi

Ekspektasi ekonomi yang kuat menjadi sinyal konsumsi yang tinggi, sehingga diperkirakan akan ikut mendongkrak inflasi, yang tentu akan membuat biaya pinjaman akan lebih tinggi. 

Suhindarto memandang adanya adaptasi strategi bagi korporasi menghadapi suku bunga tinggi. Terminologi bunga ‘higher-for-longer’ ini hadir di tengah prospek ekonomi yang positif.

Alhasil, terangnya, situasi ini dapat memunculkan penerbitan surat utang dengan tenor pendek, mengantisipasi mahalnya ongkos pendanaan.

“Hingga akhir Maret kemarin, mostly surat utang yang diterbitkan oleh korporasi itu bertenor satu tahun gitu ya, jadi kami melihat memang ini strategi perusahaan menghadapi suku bunga saat ini,” terangnya.

Suku bunga tinggi dapat berpotensi membebani inflasi, sehingga akan meningkatkan cost-of-fund perusahaan. Suhindarto mengkhawatirkan hal ini dapat berdampak terhadap keuangan korporasi.

Akhirnya hal ini akan berdampak terhadap spread deal atau obligasi korporasi yang membuat investor juga lebih tinggi. “Dari situ biaya untuk penerbitan juga akan meningkat karena kuponnya juga akan mengalami peningkatan,” paparnya.

Melemahnya ekspektasi terhadap penurunan suku bunga bank sentral Amerika Serikat atau Federal Reserve juga dinilai masih membebani pasar. Hal ini dikhawatirkan akan mempengaruhi sikap Bank Indonesia yang saat ini tengah berjuang menahan nilai rupiah terhadap dolar.

Namun langit tak selamanya mendung, karena sinyal pemangkasan bunga Fed Rate masih diharapkan pasar setidaknya pada akhir tahun ini. 

“Maka saat ini ekspektasinya hanya tinggal 2 kali saja mungkin penurunannya pun baru akan dilakukan di pertengahan semester kedua nanti,” paparnya.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.