Note

Rupiah Masih di Atas Rp16 Ribu per USD, Intip Sektor yang Bisa Untung dan Boncos

· Views 17
Rupiah Masih di Atas Rp16 Ribu per USD, Intip Sektor yang Bisa Untung dan Boncos
Rupiah Masih di Atas Rp16 Ribu per USD, Intip Sektor yang Bisa Untung dan Boncos. (Foto: Freepik)

IDXChannel - Nilai tukar rupiah menguat tipis terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Kamis (18/4/2024)

Sebelumnya, rupiah tertekan imbas sejumlah ketidakpastian global menyangkut waktu penurunan suku bunga.

Baca Juga:
Rupiah Masih di Atas Rp16 Ribu per USD, Intip Sektor yang Bisa Untung dan Boncos Harga Minyak Anjlok 3 Persen, Redakan Sentimen Bullish Perang Iran-Israel

Sementara indeks dolar turun menjadi sekitar 106,2 pada perdagangan Rabu (17/4) tetapi tetap mendekati level tertinggi dalam lima bulan karena pernyataan Ketua The Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell mengindikasikan bahwa pembuat kebijakan tidak terburu-buru untuk menurunkan suku bunga.

Per pukul 9.15 WIB, rupiah menguat tipis 0,28 persen di level Rp16.174 per USD, setelah pada perdagangan Rabu (17/2) ditutup di level Rp16.215 per USD.

Baca Juga:
Rupiah Masih di Atas Rp16 Ribu per USD, Intip Sektor yang Bisa Untung dan Boncos Makin Bersinar, Harga Emas Antam (ANTM) Naik Lagi Rp14 Ribu per Gram

Sebelumnya, rupiah ditutup Rp15.839 per USD pada perdagangan menjelang libur Hari Raya Idul Fitri 2024, Jumat (5/4).

Berdasarkan data Trading View, dalam sebulan rupiah sudah melemah 3,18 persen dan secara mingguan sudah melemah 2,8 persen. (Lihat grafik di bawah ini.)

Baca Juga:
Rupiah Masih di Atas Rp16 Ribu per USD, Intip Sektor yang Bisa Untung dan Boncos Abu Dhabi Islamic Bank Berencana Akuisisi Saham BSI (BRIS) Rp17,8 Triliun

Rupiah Masih di Atas Rp16 Ribu per USD, Intip Sektor yang Bisa Untung dan Boncos

Merespons pelemahan rupiah, Bank Indonesia (BI) mengaku telah menyiapkan tiga langkah untuk menjaga kestabilan nilai tukar Rupiah.

Kepala Departemen Pengelolaan Moneter (DPM) BI Edi Susianto mengatakan, langkah pertama adalah menjaga keseimbangan di pasar spot dan Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF).

"Menjaga kestabilan Rupiah dengan terus berada di pasar untuk menjaga keseimbangan supply-demand valas di market, melalui triple intervention khususnya di spot dan DNDF," kata Edi saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

Kemudian, kata dia, BI akan meningkatkan daya tarik aset rupiah untuk mendorong capital inflow, seperti melalui daya tarik Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) dan hedging cost.

Terakhir, lanjut Edi, BI juga akan berkoordinasi dan membangun komunikasi dengan stakeholder terkait, seperti pemerintah, Pertamina dan lainnya.

Dia menambahkan, berdasarkan catatan BI, selama periode libur Lebaran terdapat perkembangan di global, di mana rilis data fundamental AS semakin menunjukkan bahwa ekonomi AS masih cukup kuat seperti data inflasi dan retail sales yang di atas ekspektasi pasar. Selain itu, terdapat memanasnya konflik di Timur Tengah khususnya konflik Iran-Israel.

"Perkembangan tersebut menyebabkan makin kuatnya sentimen risk off, sehingga mata uang emerging market khususnya Asia mengalami pelemahan terhadap USD," ujar Edi.

"Selama libur Lebaran, Pasar NDF IDR di offshore juga sudah tembus di atas Rp16.000, atau sudah di sekitar Rp16.100, dan terus melemah dalam dua hari terakhir, sehingga Rupiah juga dalam dua hari terakhir diperdagangkan di kisaran Rp16.150-Rp16.250," pungkas Edi.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.