Note

Ijo Royo-royo, IHSG Pagi-pagi Sudah Bertengger di Zona Hijau

· Views 7
Ijo Royo-royo, IHSG Pagi-pagi Sudah Bertengger di Zona Hijau
Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Jakarta

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pagi dibuka dengan penguatan. Sejak pra pembukaan IHSG sudah bertengger di zona hijau.

Mengutip data RTI, Kamis (18/4/2024), pagi ini IHSG dibuka menguat 19 poin (0,27%) ke 7.150. Indeks LQ45 juga dibuka naik 0,49% poin ke posisi 932.

IHSG berada di level tertingginya pada level 7.161 dan terendahnya 7.143. Sebanyak 122 juta lembar saham diperdagangkan pagi ini dengan nilai Rp 196 miliar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Melansir hasil riset InvestasiKu, sentimem dari global saat ini yakni Brsa Saham AS yang melemah dan Eropa rebound. Pelaku pasar masih merespons negatif komentar hawkish Gubernur The Fed, Jerome Powell pada hari lalu. Hari ini anggota The Fed, Loretta Mester menyatakan perlu lebih banyak waktu untuk mengevaluasi kondisi inflasi untuk dapat memangkas suku bunga, meski demikian ia menyampaikan optimismenya bahwa inflasi akan mereda di tahun ini. Sentimen ini direspons pasar dengan aksi jual pada saham teknologi serta produsen semi konduktor (chip).

Selain itu pasar juga masih mencermati perkembangan konflik di Timur Tengah setelah AS dan sekutunya sedang merencanakan sanksi baru terhadap Iran akibat serangannya di pekan lalu ke Israel. Beralih ke Eropa, bursa saham bergerak konsolidasi menguat setelah rilis data inflasi Eropa periode Maret kembali turun ke level 2.4% (cons 2.4%, prev 2.6%) dimana angka ini semakin dekat dengan target ECB di 2%.

ADVERTISEMENT

Sementara itu IHSG pada perdagangan Rabu kemadin, bergerak konsolidasi namun berakhir di zona merah dengan pelemahan 0.47% ke level 7130. Pelemahan ini juga diikuti oleh aksi net sell asing sebesar Rp 470.67 miliar dengan 5 saham yang paling banyak dijual yaitu TLKM, BBRI, BMRI, UNVR, dan ASII.

Pelemahan yang terjadi sejalan dengan aksi jual yang terjadi pada bursa regional dan kembali melemahnya nilai tukar rupiah meskipun pelemahan rupiah mulai terbatas. Secara sektoral, dari 11 sektor yang ada seluruhnya mencatatkan pelemahan.

Menurut riset ini IHSG telah menembus ke bawah EMA 5 sehingga berpotensi melanjutkan pelemahan ke area support selanjutnya di mana IHSG berpotensi bergerak dalam range konsolidasi 7.100-7.197.

Sementara itu bursa Asia pagi ini bervariasi. Berikut pergerakannya.

- Nikkei turun 6 poin (0,02%) ke 37.955

- Hang Seng menguat 75 poin (0,46%) ke 16.327

- Shanghai berkurang 2 poin (0,07%) ke 3.069

- Straits Times naik 30 poin (0,97%) ke 3.185

(das/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.